Masyarakat Tegalrejo Lumajang Diajak Jaga dan Lestarikan Kearifan Lokal

foto : Dok. Pendim 0821

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Masyarakat Tegalrejo diajak untuk melestarikan dan menjaga kearifan lokal sebagai budaya warisan leluhur.

Hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Tegalrejo Koramil 0821/18 Tempursari Serma Supriadi saat menghadiri ruwat desa, bertempat di Balai Desa Tegalrejo Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (15/9/2019) malam.

Supriadi juga menyampaikan, bahwa di samping untuk melestarikan tradisi leluhur, kegiatan ini juga dapat memupuk silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan di lingkungan masyarakat.

"Sebagai bangsa yang besar, hendaknya kita tetap menjunjung dan melestarikan tradisi pendahulu sebagai nilai luhur budaya bangsa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalrejo Sujonomulyo mengatakan, bahwa ruwat desa merupakan salah satu tradisi masyarakat dan warisan leluhur yang sudah dilestarikan secara turun-temurun.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan ikhtiar pengiriman doa agar memohon keselamatan dan sebagai ungkapan rasa syukur atas semua nikmat yang telah dikaruniakan Allah SWT kepada kita semua khususnya warga Desa Tegalrejo.

"Ruwat desa merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, untuk tahun ini kita isi dengan pementasan tari tradisional dan pagelaran wayang kulit," pungkasnya. (Pendim0821-By)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.