Masyarakat Lumajang Diimbau Turut Aktif Jaga Kebersihan Saluran Irigasi

Suasana di lokasi kegiatan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Plh. Danramil 0821/11 Yosowilangun Kapten Inf Mujiono mengimbau agar masyarakat turut aktif menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampai sembarangan, yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan dan pendangkalan saluran irigasi.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri peninjauan pelaksanaan normalisasi saluran irigasi skunder di Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (5/9/2019).

Mujiono juga mengatakan, untuk menunjang kelancaran sarana pengairan lahan bagi para petani, pihaknya akan menerjunkan personelnya untuk membantu melakukan normalisasi saluran irigasi di Desa Yosowilangun Lor tersebut.

"Dalam Normalisasi ini, TNI dan masyarakat akan gotong royong untuk melakukan pembersihan sampah yang menyumbat dan pengerukan pada dasar saluran yang saat ini sudah mengalami pendangkalan oleh lumpur," katanya.

Ia menambahkan, bahwa upaya yang dilakukan tersebut adalah sebagai wujud kepedulian TNI terhadap petani, sehingga nanti sawahnya tetap dapat teraliri air dengan baik, meskipun jarang turun hujan.

"Selain memberikan kelancaran untuk mengairi sawah, upaya ini juga untuk persiapan dalam menghadapi musim hujan mendatang, sehingga nantinya saluran irigasi bisa menampung air dan berfungsi dengan baik," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) juga menyampaikan, tujuan dilakukannya normalisasi tersebut adalah supaya produktifitas hasil pertanian di area persawahan mulai dari Kecamatan Tekung hingga Kecamatan Yosowilangun bisa lebih maksimal, dan masyarakat lebih mudah mendapatkan air untuk mengairi sawahnya.

Menurut dia, saluran irigasi yang saat ini dinormalisasi merupakan sarana yang sangat penting dan dibutuhkan oleh para petani, mengingat saat ini cuaca sangat panas dan jarang terjadi hujan sehingga saluran irigasi merupakan satu-satunya yang bisa difungsikan untuk mengairi sawah.

"Semoga dengan normalisasi yang kita lakukan saat ini mampu meningkatkan hasil produksi pertanian di Lumajang, sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan nasional yang sudah dicanangkan oleh pemerintah pusat," ujarnya. (TIM)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.