Hadapi Musim Hujan, Masyarakat Banyuputih Lor Diharap Turut Aktif Jaga Kelancaran Irigasi

pengerukan dilakukan bersama sama

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Babinsa Banyuputih Lor Koramil 0821/07 Randuagung Serka Julianto mengatakan, bahwa menghadapi musim hujan mendatang, peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga kelancaran saluran irigasi.

Hal tersebut dikatakannya saat melaksanakan karya bakti normalisasi saluran irigasi bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Djatiroto dan masyarakat di Dusun Darungan Desa Banyuputih Lor Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (10/9/2019).

Juliyanto juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membersihkan saluran irigasi dari sampah dan timbunan tanah yang dapat menyebabkan penymbatan dan pendangkalan saluran irigasi, sehingga debit air berkurang bahkan tersumbat.

“Dengan lancarnya aliran air, diharakan dapat menunjang proses peningkatan hasil pertanian, serta mencegah terjadinya luapan air yang sering terjadi saat musim hujan,” tambahnya.

Sementara itu Petugas DPU Pengairan Djatiroto, Misran menambahkan, bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk menjaga kelancaran aliran air, sehingga dapat memenuhi kebutuhan lahan pertanian yang dilewati saluran irigasi tersebut.

“Peran aktif dan kepedulian semua pihak sangat diperlukan, sehingga aliran air tetap lancar, serta saat musim hujan tidak meluap sampai menggenangi lahan pertanian dan halaman rumah warga,” ujarnya.

Dia juga berharap, dengan dilaksanakannya normalisasi saluran irigasi ini, aliran air menjadi lebih lancar, debit air bertambah, dan lahan pertanian yang ada tercukupi kebutuhan airnya, sehingga dapat menunjang peningkatan hasil pertanian khususnya di Desa Banyuputih Lor. (Pendim0821 – Lmj).

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.