Sukseskan Siwab, Ini Yang Dilakukan Babinsa Bodang Diwilayah

Babinsa nampak mendampingi pelaksanaan kawin suntik sapi

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Guna mendukung dan mensukseskan program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab), Babinsa Bodang Koramil 0821/20 Padang, melaksanakan pendampingan kegiatan kawin suntik dan pemeriksaan kesehatan ternak sapi gratis di Desa Bodang Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (13/08/2019).

Kopka Sukiran, Babinsa Bodang disela pelaksanaan kegiatan menyampaikan, peran aktif babinsa mendampingi kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya peternak sapi.

"Sebagai aparat teritorial yang juga bertugas mendampingi petani dan peternak, babinsa bersama PPL akan selalu siap membantu, sehingga kesehatan ternak dapat terjaga dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat," ujarnya.

"Tidak hanya dilaksanakan di satu tempat saja, kegiatan ini dilaksanakan di empat dusun yang ada di Desa Bodang secara bergantian, yaitu Dusun Beji Rejo, Dusun Blimbing, Dusun Randu  Agung dan Dusun Karang Anyar," tambah Kopka Sukiran.

Sementara itu Amir, mantri hewan Upt Puskeswan Senduro menuturkan, sesuai dengan namanya, Upsus SIWAB  ini bertujuan mengoptimalkan penambahan populasi ternak dengan memaksimalkan tingkat kebuntingan pada indukan yang sudah memenuhi syarat.

"Upsus siwab terdiri dengan dua metode pelaksanaan, yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi Buatan (kawin suntik) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA)," jelasnya.

“Tercatat dalam pelaksanaan kegiatan kali ini sebanyak 365 ekor sapi yang telah diperiksa, semoga ke depan pertumbuhan dan perkembangbiakan ternak sapi di Desa Bodang dapat meningkat,” pungkas Amir. (Tim/Pendim 0821)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.