Peserta Lomba Gerak Jalan Agustusan di Banyuwangi, Terima Manfaat Jalan Yang Dibangun Satgas TMMD

Nampak pelajar berlatih baris berbaris

BANYUWANGI, (suarasatunews.com) Dalam memeriahkan perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sejumlah lomba dan festival selalu diadakan setiap tahunnya. 

Nampak difoto, siswa SDI Raudlatut Thalabah Setail Banyuwangi Jawa Timur, sedang melakukan latihan gerak jalan untuk mengikuti lomba 17 Agustusan mendatang, Selasa (6/8/2019).

Seluruh siswa SD tersebut sengaja diarahkan oleh gurunya untuk melewati jalan yang baru dibangun oleh Satgas TMMD 105 Banyuwangi.

Rute latihan ini memang baru pertama kalinya digunakan oleh siswa untuk latihan gerak jalan. Sebelumnya, para pelajar setempat menggunakan rute lain dikarenakan dulunya rute ini bukan merupakan jalan yang bisa dilalui seperti saat ini.

"Ini pertama kalinya kita gunakan rute baru ini. Melewati jalan makadam yang baru selesai dibangun ini. Kalau dulu ya tidak pernah lewat sini, karena memang bukan jalan," kata Andri Dwi Mardiono, guru olahraga pembimbing siswa SDI tersebut.

Selain untuk test drive jalan baru ini, kata Andri, kita juga bermaksud memberitahu kepada para siswa tentang bagaimana proses pembangunan jalan ini oleh TNI. 

Terutama bagi siswa dari luar dusun Krajan, agar mereka tau bahwa saat ini sudah ada jalan langsung dari Setail menuju Dasri, begitu juga sebaliknya.

Di sepanjang jalan, lanjut Andri, kita sempat berhenti sejenak untuk memberikan pelajaran lapangan kepada siswa. Kita berikan pengetahuan apa itu TMMD beserta apa fungsinya. Dijalan, katanya, anak-anak juga sempat berkomunikasi dengan beberapa tentara yang ditemuinya.

"Selain untuk latihan persiapan lomba gerak jalan 17 Agustusan, kita juga memberikan pelajaran visual kepada anak-anak tentang kegiatan TMMD ini. Dengan ini, mereka melihat langsung bagaimana sebelum dan sesudah adanya program ini. Apalagi momen saat ini sedang bagus, yakni bertepatan dengan peringatan Kerdekaan Republik Indonesia, sehingga bisa menumbuhkan jiwa patriotisme mereka saat melihat para tentara," katanya. (*)

Pewarta: Agung Sedana

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.