Tingkatkan Hasil Panen, Koramil Senduro Lumajang Turut Aktif Kendalikan OPT

Kegiatan di lokasi sawah wilayah setempat

LUMAJANG, (suarasatunews.comSebagai upaya untuk meningkatkan hasil panen di wilayah, Personel Koramil 0821/03 Senduro turut berperan aktif dalam pengendalian Organisme Penggangu Tanaman (OPT) di lahan pertanian warga.

Seperti yang dilakukan di Lahan Pertanian milik Kelompok Tni Tunas Harapan, Desa Sarikemuning Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, bersama dengan petugas UPT BPP Kecamatan Senduro dan kelompok tani, melaksanakan pengendalian dan pembersihan OPT yang difokuskan pada hama tikus, Selasa (25/06/2019).

Danramil 0821/03 Senduro, Kapten Czi I Ketut Sudiarta mengatakan, bahwa Desa Sarikemuning merupakan salah satu desa penghasil beras terbesar setelah Desa Pandansari Kecamatan Senduro.

“Sebagai desa penghasil beras terbesar, diharapkan tidak sampai terjadi gagal panen karena OPT, sehingga dapat menghasilkan beras sebagai penunjang suksesnya program swasembada pangan nasional,” harapnya.

“Sebagai pendamping dalam bidang pertanian, Koramil Senduro akan selalu siap membantu petani dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi petani di wilayah,” Tegas Kapten Ketut.

Sementara itu Hendrik Pamuji S, Kepala UPT BPP Kecamatan Senduro mengatakan, dalam kegiatan yang dilakukan di lahan Poktan Tunas Harapan ini, pihaknya tidak hanya memberikan penjelasan tentang pengendalian OPT saja, tetapi juga dilakukan praktek langsung.

“Selain teori dan penjelasan, kita juga melakukan praktek langsung dalam pengendalian OPT, dalam hal ini pengendalian hama tikus,” katanya.

“Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini, dapat memberikan pemahaman dan pengertian kepada petani tentang cara pengendalian hama tikus yang menyerang lahan pertaniannya, sehingga tidak sampai merusak tanaman dan mengakibatkan gagal panen,” pungkas Hendrik.

Sumber : Pendim 0821
Penulis : Phie
Publisher : Mam

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.