Babinsa Kaliboto Kidul Lumajang Bersama Poktan Bersihkan Saluran Irigasi

Suasana di lokasi kegiatan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Sebagai upaya untuk menunjang ketersediaan air bagi lahan pertanian, Babinsa Kaliboto Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto bersama dengan anggota Poktan Kembang Sukun membersihkan saluran irigasi yang berada di Dusun Umbulsari, Desa Kaliboto Kidul, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (29/06/2019).

Sutiram, Ketua Poktan Kembang Sukun mengatakan, pada musim kemarau, debit air cenderung menurun yang mengakibatkan ketersediaan air bagi lahan pertanian menjadi berkurang.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, seperti halnya lahan seluas 30 hektar milik kelompok tani Kembang Sukun, petani sering kekurangan pasokan air guna mengairi lahan pertaniannya.

“Untuk itu, pembersihan saluran air sepanjang 200 meter ini kita laksanakan bersama-sama guna mengatasi permasalahan tersebut,” tutur Sutiram.

Di lain pihak, Sertu Fahrur Rozi mengatakan, babinsa sebagai pendamping pertanian, akan selalu siap membantu dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi petani.

“Air merupakan kebutuhan pokok dalam pengolahan lahan pertanian, sehingga ketersediaannya harus tetap ada dan dapat memenuhi setiap lahan pertanian petani,” tambahnya.

“Semoga dengan pembersihan saluran irigasi ini, air dapat mengalir dengan lancar, agar pengolahan lahan pertanian dapat berjalan lancar tanpa ada kendala, sehingga dapat menunjang keberhasilan program ketahanan pangan nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” pungkas Sertu Fahrur Rozi.

Penulis : Phie
Publisher : Edo

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.