Sekelumit Asal Mula Lahirnya Hari Buruh Internasional

Foto ilustrasi (antara) google

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Hari Buruh lahir saat munculnya Revolusi industri di Eropa dan Amerika Serikat pada abad ke 19. 

Revolusi industri melahirkan kapitalisme dimana proses produksi dilakukan secara besar besar-besaran menggunakan mesin yang bisa berkerja 24 jam. 

Untuk mengimbangi mesin tersebut, otomatis kaum pekerja yang dikenal juga sebagai kaum buruh dipaksa bekerja 18-20 jam sehari, tapi tetap dengan gaji yang minim serta kondisi kerja yang buruk di pabrik.

Baca Juga :  Lebih Dari Seratus Buruh di Lumajang Gelar Aksi Sosial http://www.suarasatunews.com/2019/05/lebih-dari-seratus-buruh-di-lumajang.html?m=1

Situasi inilah yang melahirkan perlawanan bagi kaum buruh. 

Perlawanan kaum buruh  yang fenomenal terjadi di Amerika Serikat pada tanggal 01-04 Mei 1886. 

Dimana lebih dari 400 ribu buruh melakukan demonstrasi besar besar-besaran dengan tuntutan pengurangan jam kerja dari 20 jam menjadi 8 jam sehari. 

Ratusan buruh tewas dalam peristiwa tersebut, dan para pemimpin buruh di tangkap dan dibunuh oleh polisi amerika saat itu. Peristiwa ini kemudia menjadi tonggak bersejarah perlawanan buruh, sehingga di peringati menjadi hari buruh Internasional.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.