Forkopimda Kabupaten Lumajang Hadiri Upacara Peringatan Hardiknas

Foto bersama jajaran Forkopimda Lumajang usai pelaksanaan upacara

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Forkopimda Kabupaten Lumajang Jawa Timur, menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 di alun-alun Kota Lumajang, Kamis (02/05/2019).

Saat itu, Indah Aperawati Wakil Bupati Lumajang bertindak sebagai inspektur upacara dan diikuti oleh jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kabupaten Lumajang.

Berikut Kepala Sekolah dan guru pendamping, personel dari Kodim 0821, Yonif 527/BY, Polres Lumajang, PNS Pemkab Lumajang, Mahasiswa dan siswa SMA se-Kabupaten Lumajang.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Lumajang membacakan amanat Menteri Pendidikan Republik Indonesia, bahwa tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional diambil dari tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantara, yang juga sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

“Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan, tujuan pendidikan nasional mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” kata Wabup membacakan amanat Mentri Pendidikan RI.

Lebih lanjut dibacakan Wabup, pembangunan infrastruktur darat, laut, udara, komunikasi, maupun pengairan, merupakan persyaratan bagi suatu negara untuk menjadi salah satu negara maju.

“Saat ini pemerintah melakukan pembangunan sumber daya manusia dengan menguatkan sektor pendidikan dan kebudayaan, sehingga generasi muda yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi mampu menyerap teknologi terbaru dengan sentuhan budaya Indonesia,” tambahnya.

“Penguatan karakter dan kecintaan serta kebanggaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia harus terus ditanamkan dan dibina, guna membentuk generasi yang berjiwa patriot dan memiliki rasa nasionalisme yang kuat,” pungkas Wabup membacakan amanat Mentri Pendidikan Nasional RI.

Selepas pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Gempita Sisda (Gerakan Membangun Pendidikan Kesetaraan Berbasis Desa) dan pelepasan balon oleh Wakil Bupati Lumajang.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.