Fatma Saifullah Sadarkan Kaum Milenial Pentingnya Vaksin HPV

Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf dan dr. Niken Wening, Sp.OG. (Medicelle Clinic).


SURABAYA, (suarasatunews.com) Cara positif mengisi waktu sembari menunggu saat berbuka puasa dilakukan Fatma Foundation bersama kaum milenial yaitu, dengan mengikuti gelaran “Ngabuburit Asik with Fatma Foundation” di Omah Kayu Fatma Foundation (OKAFF). 

Dibalut dengan suasana santai sambil lesehan, kegiatan ngabuburit sore itu, Minggu, (19/5/2019) menghadirkan Founder Fatma Foundation, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf dan dr. Niken Wening, Sp.OG. (Medicelle Clinic).

Diikuti 100 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan dihadiri anggota Ikatan Raka Raki Jatim, Cak Ning Surabaya, Puteri Indonesia Jawa Timur, Fatma dan dr. Niken memberikan edukasi yang menyenangkan tentang kanker serviks dan payudara.

Fatma menjelaskan selama bulan Ramadhan pemeriksaan pap smear dan payudara di atas bus kesehatan Fatma Foundation diliburkan. Kegiatan dialihkan dengan penyuluhan kesehatan yang menyasar usia muda. Penyuluhan kesehatan medio Ramadhan itu berkolaborasi dengan Omah Jaman Now (OJN). 

“Bulan puasa ini kita tidak bisa jalan untuk melakukan pap smear tapi kita bisa jalan dengan edukasi seperti ini,” kata Fatma.

Tentunya, berbicara dengan kalangan usia muda yang belum menikah dan belum melakukan hubungan seksual, Fatma tidak hanya mengedukasi tentang kanker serviks dan payudara tapi juga vaksin HPV (Human Papilloma Virus). 

Vaksin ini dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh Virus Papiloma Manusia yang bisa menimbulkan kutil kelamin pada pria dan kanker serviks pada wanita. HPV menyebar melalui hubungan seksual yang tidak seperti wajarnya.

Fatma mengatakan, pencegahan dengan memberikan vaksin HPV dilakukan saat usia remaja. Tujuannya agar penerima vaksin mendapatkan kekebalan terhadap infeksi HPV sebelum menikah atau melakukan hubungan seksual. 

Sayangnya untuk mendapatkan satu paket vaksin HPV atau sebanyak tiga kali suntikan dalam kurun waktu 6 bulan, harus mengeluarkan biaya yang mahal hingga bilangan juta. 

Dengan dorongan kepedulian terhadap generasi muda, Fatma berupaya menggandeng produsen farmasi dan memberikan subsidi biaya agar harga vaksin HPV lebih terjangkau. Program vaksinasi HPV akan mulai diluncuran Fatma Foundation pada Bulan Agustus 2019. Mendengar kabar baik ini peserta yang hadir langsung menyambut gembira. 

Acara yang diakhiri dengan buka bersama ini berjalan dengan lancar. Bobby Tuananny, siswa SMK KAL 2 Surabaya, sangat terkesan saat mengikuti acara penyuluhan tersebut. 

“Seneng kegiatan seperti ini karena jarang. Insya Allah kalau ada lagi, saya mau ikut karena kegiatan ini bermafaat untuk kita,” beber Bobby. 

Sedang peserta lainnya mengaku mendapatkan ilmu baru mengenai pentingnya vaksin HPV untuk kesehatan.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.