Dukung Pelestarian Lingkungan, Babinsa Wotgalih Dampingi Penebaran Bibit Ikan

Foto bersama jelang penebaran ikan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Sebagai wujud kepedulian TNI dalam menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan, Babinsa Wotgalih Koramil 0821/11 Yosowilangun mendukung dan mendampingi penebaran bibit ikan dan udang yang bertempat di perairan Desa Wotgalih, Selasa (28/05/2019).

Arif Muksin, Kasi Pengelolaan Sumber Daya Perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, yang turut hadir dalam kegiatan mengatakan, bahwa penebaran bibit ikan dan udang dimaksudkan untuk memelihara ekosistem perairan yang ada di Desa Wotgalih.

"Kita tebar di perairan pancer, bibit sebanyak 5000 ekor udang galah, Nila 5000 benih, tawes 3000 benih dan tombro 30.000 benih dengan ukuran masing bibit berkisar antara 3-5 cm," tambahnya.

Arif berharap, dengan penebaran bibit ikan dan udang di perairan pancer, dapat memelihara ekosistem alami sungai, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sementara itu Lestari, kepala desa setempat juga menambahkan, dipilihnya perairan pancer sebagai tempat penebaran bibit ikan dan udang dari Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, karena mayoritas penduduk di perairan tersebut bekerja sebagai penangkap ikan air tawar.

"Dalam 2 tahun ke depan, benih ikan yang saat ini ditebar dapat menjadi indukan yang baik, sehingga populasi ikan di perairan pancen tetap terpelihara. Kepada masyarakat diharapkan turut aktif menjaga kelestarian perairan pancen, sehingga dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat," tuturnya.

Babinsa Wotgalih, Pelda Guntur menambahkan penebaran puluhan ribu benih ikan tersebut diharapkan juga diimbangi dengan adanya peraturan yang tegas tentang tata cara penangkapan ikan, sehingga populasi ikan dapat terjaga.

"Mari bersana kita jaga kelestarian lingkungan sekitar, agar selalu dapat memberi manfaat kepada kita sampai kapanpun," pungkasnya singkat.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.