Vanessa Angel Ikuti Penyuluhan Dan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara Di Medaeng Bersama Fatma Foundation

Foto : Dokumentasi Tim saat kegiatan berlangsung

SIDOARJO (suatasatunews.com) Bus Fatma Foundation hari ini, Sabtu (13/4) giliran berada di Rumah Tahanan (Rutan) khusus Perempuan Kelas IIa Surabaya di Medaeng Sidoarjo Jawa Timur. 
Sama seperti di beberapa tempat sebelumnya, bus milik yayasan Citra Fatma Wanita ini akan melakukan sosialisasi serta pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan payudara terhadap wanita binaan Rutan.
Acara dibuka oleh Teguh Pamuji Plt. Kepala Rutan Perempuan kelas II a Surabaya. Pemeriksaan sendiri dimulai pukul 13.30 WIB dan rencananya berakhir pada pukul 16.30 WIB dengan jumlah peserta mencapai 157 dari 162 perempuan warga binaan yang hadir. 
Vanessa Angel yang merupakan salah satu tahanan yang dititipkan di Rutan Medaeng juga tampak mengikuti dengan suka cita dan gayeng ketika mendengarkan penyuluhan kanker serviks dan payudara kali ini.
“Kami senang ada yayasan seperti Fatma Foundation yang begitu peduli kepada warga binaan dan sangat memperhatikan kesehatan kami. Terimakasih kepada ibu Fatma semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan  terutama untuk warga binaan yang mungkin tidak setiap tahun bisa mengikuti papsmear,” kata Vanessa yang duduk berbaur dengan warga binaan siang hari ini.
Pendiri Yayasan Citra Fatma Wanita, Fatma Saifullah Yusuf mengatakan, penyuluhan dan pemeriksaan terhadap perempuan warga binaan kali ini merupakan bagian dari program yang terus dijalankan sejak Fatma Foundation dilaunching pada 4 Februari 2019 silam.
"Penyakit kanker tidak mengenal tempat, baik itu di luar maupun di dalam Rutan, setiap wanita pasti berpotensi terserang kanker baik itu kanker payudara maupun serviks," kata Fatma.
Karenanya, dengan penyuluhan dan pemeriksaan pap smear kali ini, para perempuan warga binaan di Rutan Medaeng, diharapkan bisa terdeteksi secara dini potensi terjangkit kanker.
Untuk proses pemeriksaan sendiri, Yayasan Citra Fatma Wanita telah menyiapkan Bus pemeriksaan yang dilengkapi dengan peralatan pemeriksaan pap smear dan payudara yang cukup lengkap dan modern. Kondisi di dalam bus juga sangat nyaman dan dilengkapi pendingin udara.
Bagi Fatma Foundation, pemeriksaan bagi perempuan warga binaan ini merupakan titik yang ke enam setelah sebelumnya Bus Fatma Foundation juga melakukan pemeriksaan gratis di perumahan The Gayungsari Regency, kemudian di Hotel Fatma Jombang, SD Al Hikmah Surabaya, YKP Pandugo I Surabaya, serta terakhir beberapa hari lalu pemeriksaan bagi perempuan nelayan di Gunung Anyar, Surabaya.
Fatma menjelaskan bahwa program Fatma Foundation selama ini bersifat promotif dan preventif sehingga lebih mengedepankan penyuluhan dan pencegahan dengan deteksi dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara.
Dengan pemeriksaan dini, mereka yang terdeteksi gejala tumor atau kanker, diharapkan bisa segera ditangani dan diobati sehingga tidak menjadi kanker stadium lanjut.
"Fatma Foundation ini didirikan salah satunya demi mewujudkan mimpi kami yakni membantu perempuan di Indonesia khususnya di Jawa Timur untuk semakin sadar terhadap kesehatan dirinya," kata istri mantan wakil gubernur Jawa Timur dua periode Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini.
Untuk itu, Fatma Foundation mengambil peranan penting untuk mengajak perempuan untuk menjadi sehat, dengan memeriksakan dirinya melalui pemeriksaan pap-smear dan payudara," ujarnya.
Kasubsi Kerja Rutan Wanita Klas IIA Surabaya Siti Viona Aidillah sangat menyambut baik penyuluhan dan deteksi dini kanker serviks dan payudara yang dilakukan oleh Fatma Foundation. Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan dalam rangkaian agenda memperingati Hari Kartini di rutan.
"Kami belum pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya, dan ini baru pertama kali, lalu kami menggandeng istrinya Gus Ipul bu Fatma dengan Fatma Foundationnya, tentu ini merupakan kegiatan yang positif bagi warga binaan khususnya," beber Viona. (Tim)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.