Ukur Kemampuan Fisik, Kodim 0821 Gelar Garjas Periode Semester I TA. 2019

Pelaksaan kegiatan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Guna memelihara dan meningkatkan kesegaran jasmani prajurit kemampuan fisik Prajurit di satuan jajaran, Kodim 0821 melaksanakan kegiatan tes kesegaran jasmani (Garjas) Periodie Semester I Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan di lapangan Yonif 527/BY Rabu (24/4/2019).

Sebelum pelaksanaan kegiatan kesemaptaan jasmani, seluruh peserta melaksanakan pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan tensi darah dan denyut nadi untuk memastikan kesiapan Prajurit dalam mengikuti kegiatan fisik.

dr. Riky Adrianus selaku Kepala Tim Kesehatan dari Polkes 050902 Lumajang mengatakan, apabila terdapat tensi tinggi maka Prajurit tidak boleh memaksakan diri mengikuti kegiatan, karena akan mempengaruhi kondisi kesehatan terutama stamina tubuh yang dapat menimbulkan resiko terhadap diri sendiri, ujarnya.

Hal yang sama juga ditambahkan oleh Perwira Seksi Personil  Kodim Kapten inf Wahyutomo, bahwa kemampuan setiap Prajurit tidaklah sama sehingga dengan demikian mereka diharapkan bisa mengukur diri sendiri, tidak memaksakan kemampuan untuk mencapai nilai yang lebih baik namun semuanya dilaksanakan dengan maksimal, terangnya.

Pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan masing-masing Prajurit sebelum melaksanakan tes Kesegaran Jasmani meliputi tes Kesegaran ‘A’ yaitu melaksanakan lari dalam waktu 12 menit dan tes Kesegaran ‘B’ meliputi Pull up, Sit up, Push up, Shutle run, Lunges serta materi ketangkasan Renang dasar jarak 50 meter, urai Kapten Wahyu.

Ia juga menjelaskan, pelaksanaan Garjas Periodik yang diselenggarakan bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan fisik Prajurit dalam kurun waktu satu Semester serta meningkatkan kemampuan fisik dan ketangkasan prajurit Kodim 0821 guna menunjang pelaksanaan tugas pokok.

“Saya berharap kepada seluruh Prajurit agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan maksimal serta perhatikan faktor keamanan sehingga dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan mengingat tantangan tugas yang dihadapi kedepan di Satuan kewilayahan semakin berat, hal ini tentunya dibutuhkan kemampuan fisik yang prima dalam pelaksanaan tugas tersebut, oleh karena itu dibutuhkan pembinaan fisik secara teratur, salah satunya melalui pelaksanaan tes garjas periodik ini,” pungkasnya.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.