PPK di Lumajang Dijaga Ketat Aparat Bersenjata Laras Panjang

Petugas TNI - Polri tengah melakukan penjagaan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Pengamanan setiap PPK di Kabupaten Lumajang Jawa Timur dijaga oleh unsur Polri, TNI, Linmas dan Satgas Keamanan Desa (SKD), Sabtu (20/4/2019).

Aparat Polri saat itu, nampak bersiaga bersenjatakan laras panjang.

"Anggota bersenjata laras panjang saya perintahkan untuk menjaga PPK," ucap Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban, SH SIK MM MH, saat turun langsung ke PPK di Kecamatan Klakah dihari yang sama.

Begitu juga tim cobra, kata Kapolres juga telah ia terjunkan untuk berpatroli secara rutin dan berkala.

Perwira polisi berpangkat dua melati itu mengaku, jika tidak ingin kecolongan. Terangnya, jangan sampai ada orang - orang yang mencoba mengganggu jalannya proses rekapitulasi penghitungan suara. 

"Siapapun yang berani mengganggu proses pemilu serentak ini akan saya tindak tegas," tukas Kapolres.

Sebelumnya, Kapolres juga memrintahkan Kapolsek jajaran wajib menginap 24 jam di PPK selama kotak suara masih belum dikirim ke kantor KPU.

Baca juga : Kapolres Lumajang Perintahkan Para Kapolsek Menginap 24 di PPK Selama Proses Rekapitulasi Perhitungan Suara Berlangsung
http://www.suarasatunews.com/2019/04/akbp-arsal-kapolsek-wajib-nginap-24jam.html?m=1

Setiap PPK membuat 4 kelompok proses rekapitulasi perhitungan suara, yang tiap kelompoknya terdiri dari 3 unsur, meliputi unsur penyelenggara yaitu Anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) dan Sekretariatnya, unsur Pengawas yaitu Panitia Pengawas Desa (PPD) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara ( PTPS ) dan Unsur Saksi yaitu saksi yang diutus oleh masing - masing partai dimana tiap partai maksimal mengirim 2 orang saksi.

Simak Juga Video


 "Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya proses rekapitulasi pemungutan suara, bisa melihat dari luar area pelaksanaan rekapitulasi. Setiap orang yang masuk kedalam area rekapitulasi pemungutan suara dilakukan screaning terlebih dahulu oleh Anggota Polri dan TNI yang menjaga di PPK. Dimana mereka wajib mengisi buku yang memuat identitasnya dan tugasnya dalam proses rekapitulasi perhitungan suara. Didalam area rekapitulasi pemungutan suara juga dilarang merokok untuk mengantisipasi terbakarnya kotak atau kertas suara yang ada," tukas Kapolres.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.