Kampanyekan Pola Hidup Sehat, Kodim 0821 Gelar Karya Bakti Non fisik Semester I TA. 2019

Suasana saat kegiatan berlangsung

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Kodim 0821 menggelar kegiatan Karya Bakti Non fisik Semester I TA. 2019, acara yang dilaksanakan secara safari tersebut dipusatkan di Balai Desa Kunir Lor Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang dikemas dalam acara sosialisasi bagi masyarakat tentang pentingnya perilaku waga dalam Open Defecation Free (ODF), Selasa (9/4/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh Pasiter Kodim 0821, Danramil 0821/13 Kunir, Kepala Puskesmas kecamatan Kunir, Kepala Desa Kunir Lor dan Sukorejo beserta anggota Stafnya juga diikuti oleh lapisan masyarakat setempat.

Menurut Perwira Seksi Teritorial Kodim 0821 Kodim 0821 Kapten Inf Bambang Mardianto bahwa kegiatan Karya Bakti Non fisik bertujuan mengkampanyekan atau memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat untuk selalu mengikuti anjuran pola hidup bersih sehingga tercipta derajad kesehatan masyarakat yang semakin tinggi.

“Melalui kegiatan ini juga kita menghimbau bagi warga yang tidak memiliki jamban keluarga diharapkan segera melapor kepada aparat desa maupun Babinsa setempat agar bisa ditindaklanjuti dengan program Jambinisasi,” ujarnya.

Lebihlanjut dikatakan Pasi Ter Kodim 0821, Kondisi musim hujan saat ini masyarakat diharapkan menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan serta diharapkan tidak membuang kotoran/BAB disembarang tempat yang berdampak pada pencemaran lingkungan menjadi tidak sehat serta menimbulkan berbagai macam penyakit yang akan timbul," terang Kapten Bambang.

"Kepada seluruh warga diharapkan juga membantu pelaksanaan program Jumat Bersih  baik dari Koramil maupun Polsek dan instansi lainnya, karena semuanya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat," pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh dr. Irma Agustin Kepala Puskesmas kecamatan Kunir,   masyarakat diharapkan membuka kesadaran dengan perilaku yang buruk membuang kotoran/BAB sembarang tempat, karena pemerintah sudah memberikan bantuan bagi warga yang selama ini belum memiliki jamban, termasuk Kodim 0821 lewat program Jambanisasi serta bantuan pemerintah yang lainnya, imbuhnya. 

Desa Kunir Kidul merupakan salah satu wilayah yang dijadikan contoh untuk sistem “Open Defecation Free (ODF)” prosentasenya sudah mencapai 94 %, artinya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang kotoran/BAB disembarang tempat sudah sangat baik, kata dr. Irma.

Diharapkan dengan adanya program seperti ini kesadaran warga akan jauh lebih meningkat untuk mewujudkan pola hidup bersih dan sehat ditengah lingkungan sehingga masyarakat akan lebih sejahtera dan bermartabat, pungkasnya. (TIM)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.