Wujud Pendampingan, Babinsa Kebonsari Bersama PPL Anjangsana ke Gapoktan

Babinsa berbincang gagasan soal peningkatan pertanian

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Sebagai wujud pelaksanaan tugas dalam mendampingi petani di wilayah, Babinsa Kebonsari Koramil 0821/19 Sumbersuko bersama dengan PPL melaksanakan anjangsana ke Ketua Gabungan Kelompok Tani Kepuh Makmur I yang berada di Dusun Sari Rejo I RT 03 RW 01 Desa Kebonsari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Sabtu (02/03/2019).

Disampaikan oleh Babinsa Kebonsari, Sertu Rudi Hariyanto, bahwa pelaksanaan kegiatan anjangsana selain sebagai wujud pelaksanaan tugas pendampingan terhadap petani, juga sebagai upaya dalam menjalin kedekatan dan kerjasama dengan petani.

“Tidak hanya berkunjung, dalam kegiatan anjangsana ini juga dimanfaatkan untuk saling tukar pikiran dan pendapat tentang permasalahan yang sedang dihadapi oleh kelompok tani,” tambahnya.

“Diharapkan dengan anjangsana ini, dapat menjadi jembatan bagi petani dan pemerintah dalam mengatasi permasalahan yang ada, agar upaya peningkatan hasil pertanian dapat berjalan lancar, sehingga tujuan program ketahanan pangan nasional dapat terwujud sesuai dengan harapan,” tutur Sertu Rudi.

Hal serupa juga disampaikan Ilya Desy, PPL desa setempat, bahwa dengan melakukan anjangsana ke Gapoktan, petugas dapat menggali informasi dan mengetahui kendala yang sering dihadapi petani.

“Permasalahan yang ada kita diskusikan dan kita cari jalan pemecahannya,” tegasnya.

Dirinya juga mengatakan, bahwa pihaknya juga menyarankan kepada petani untuk memanfaatkan lahan pematang sawah untuk ditanami dengan tanaman produktif, sehingga dapat menambah penghasilan bagi para petani.

“Mengingat curah hujan yang tinggi belakangan ini, kita berharap kepada petani untuk mengurangi pasokan air ke lahan pertanian mereka, sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan  baik,” tandas Ilya.

Abdul Azis, selaku ketua Gapoktan Kepuh Makmur I Desa Kebonsari mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan anjangsana yang dilakukan Babinsa dan PPL.

Setiap saran dan himbauan yang disampaikan, akan diteruskan kepada anggota kelompok tani yang lain, sehingga dapat memajukan pertanian Desa Kebonsari dalam mendukung suksesnya progran Ketahanan Pangan Nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Penulis : Tim
Publiser : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.