TNI Koramil Candipuro Lumajang Andil Bersihkan Material Longsor di KM 57 Piket Nol

Nampak TNI Koramil Seduro usai memotong pohon
Yang membentang di jalan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Candipuro menyebabkan longsornya tebing di sisi jalan KM 57 Piket Nol, masuk Desa Sumberwuluh Kecamatan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Jawa Timur, mengakibatkan jalur Malang - Lumajang Lumpuh total, Kamis (21/3/2019).

Personel gabungan dari TNI, Polri, BPBD Kabupaten Lumajang dibantu warga setempat, bahu membahu membersihkan tumpukan material longsor berupa tanah bercampur bebatuan.

Menurut Danramil 0821/09 Candipuro, Kapten Cba Nur Ismoyono, bahwa longsor yang terjadi pada dini hari tersebut diakibatkan oleh curah hujan yang turun terus menerus mengguyur wilayah Kecamatan Candipuro selama 3 hari.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah pengendara dari arah Lumajang menuju Malang harus memutar arah melewati jalur alternatif di Desa Ranupani,” terangnya.

SIMAK VIDEO DIBAWAH INI



“Melihat volume longsor dengan panjang 25 meter, lebar 8 meter dan ketinggian mencapai 5 meter, kita juga melibatkan alat berat, guna mempercepat proses pembersihan material longsor,” tambah Danramil.

Sementara itu Serda Mohammad Sodiq, babinsa setempat juga mengatakan, bahwa setelah mendapat laporan dari warga, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan pihak terkait.

Dirinya juga mengungkapkan, jalur Lumajang – Malang yang melewati Piket Nol merupakan daerah rawan longsor khususnya saat musim hujan, hal ini dikarenakan kondisi tanah di daerah tersebut sangat gembur.

“Mengingat wilayah Kecamatan Candipuro sangat berpotensi terjadi bencana longsor, gunung meletus dan puting beliung, bersama pemerintah desa, kita selalu menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, terutama apabila curah hujan tinggi yang turun secara terus,” tutur Serda Sodiq.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.