Terekam CCTV Curanmor di Masjid Al - Kautsar Lumajang, Tim Cobra 'Ciduk' Warga Tekung

Barang bukti :sarung, jaket dan helm yang dikenakan pelaku

LUMAJANG, (suarasatunews.com) M. Yusron (38) dan Abdul Holik alias Kombet (33) warga Dusun Tegalsari Desa Mangun Sari Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang Jawa Timur, sontak menjadi viral atas aksinya yang terekam CCTV, yakni mencuri motor di Masjid Al Kautsar Desa Sumberjo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang.

Kejadian itu, dilaporkan ke polisi pada Sabtu, (16/3/2019) pekan lalu. 

Dalam aksinya, kedua pelaku tersebut tak ubahnya hendak berjama'ah sholat subuh. Berjaket memakai sarung bajupun rapi.
Namun tak disangka, beberapa saat gelagatnya berubah, langkah kaki menuju ke arah motor yang sedang terparkir. Lalu mengawasi kondisi sekitar, tak lama kemudian setelah lubang konci dirusak, motor jenis honda beat 2011 itupun dibawa kabur. 

Na'as, mereka tak menyadari jika aksi kejahatannya terekam kamera CCTV. 

Simak Videonya :


Polisipun bergerak cepat. Tim Cobra Polres Lumajang melakukan penyelidikan, hingga pada Sabtu, (23/3/2019) pihaknya mendapati kabar jika ada DPO Polres Jember atas nama Abdul Holik alias Kombet atas suatu perkara. 

Lalu, hasil pengembangan didapati jika ia juga melakukan pencurian dilokasi masjid tersebut. 

"Selanjutnya Tim Cobra berhasil melakukan pengembangan dan berhasil mendapat informasi. Selanjutnya melakukan penangkapan terhadap M. Yusron saat berada dirumahnya," kata AKP Hasran, Ka. Tim Cobra Polres Lumajang, Rabu pagi (27/3/2019). 

Dalam perkara ini, masih kata Hasran tim cobra juga menyita barang bukti berupa kendaraan bermotor yakni 1 unit sepeda motor honda beat tahun 2011 warna merah Nopol : N-3449-ZT, milik warga Dusun Sekar Putih RT 02 RW 01 Desa Sumberjo Kecamatan Sukodono Kabupate Lumajang.

Sementara kedua pelaku ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik dan diamankan di Polres Lumajang guna pemeriksaan lebih lanjut .

"Tersangka diancam dengan pasal 362 KUHP karena tindak pidana pencurian dengan ancaman kurungan selama 5 tahun penjara,'' imbuh Hasran.

Terpisah, Kapolres Lumajanf AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH mengihimbau, kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap barang barang berharga milik masing-masing, karena kejahatan ada disekitar kita dan mengintai kelengahan pemilik. 

Ia bersyukur, berkat CCTV pihaknya dapat mengenali ciri-ciri pelaku.

"Dari situ juga kami memiliki petunjuk untuk mengungkap bagaimana modus kedua tersangka ini dalam melakukan aksinya, yakni dengan menggunakan sarung untuk mengelabui jamaah lainnya dan kunci 'T' yang sudah mereka siapkan untuk merusak kontak dan menyalakan kendaraan yg sudah mereka incar sebelumnya,” tukas Arsal. 

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.