Sukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Sidorejo Dampingi Petani Panen Padi

Serda Maer saat bersama petani di area persawahan

JEMBER, (suarasatunews.com) Sebagai wujud pelaksanaan tugas pendampingan terhadap petani di wilayah, Serda Maer Iswanto, Babinsa Sidorejo Koramil 0821/16 Rowokangkung mendampingi pelaksanaan panen padi di lahan seluas 21 hektar milik Kelompok Tani Harapan Makmur I Dusun Penggung Lor Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Selasa (26/03/2019).

Di sela pelaksanaan kegiatan, Serda Maer mengatakan, bahwa babinsa dalam melaksanakan tugas pendampingan terhadap petani, tidak hanya dalam penyiapan, lahan pertanian, persiapan tanam, maupun penyelesaian permasahan yang dihadapi petani, tetapi pendampingan dilakukan sampai pelaksanaan panen dan pendistribusian hasil panen.

Dirinya menambahkan, lahan sawah yang dipanen hari ini seluas 3,5 hektar dari total 21 hektar lahan sawah milik Poktan Harapan Makmur I.

“Pelaksanaan panen kita lakukan secara bersama-sama dan bertahap,” katanya.

“Kita berharap, hasil panen kali ini melimpah, sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat.  Untuk itu selama proses penyiapan lahan sampai pelaksanaan panen, diharapkan petani selalu berkoordinasi dan meningkatkan kerjasama dengan petugas di lapangan, baik PPL maupun babinsa sebagai pendamping petani,” tutur Serda Maer.

Sementara itu Mariyoto, Ketua Poktan Harapan Makmur I menambahkan, panen kali ini lebih baik dari hasil panen sebelumnya, hal ini dikarenakan pada musim panen sebelumnya lahan pertanian yang ada terserang hama tikus dan wereng coklat.

“Berdasarkan hasil pengubinan yang dilakukan beberapa waktu lalu, diperkirakan hasil panen pada musim ini mencapai sekitar 2,1 ton per hektar,” terangnya.

“Mewakili anggota poktan, kami mengucapkan terima kasih kepada babinsa dan PPL yang selalu aktif membantu, mendukung dan mengarahkan petani, semoga panen kali ini dapat mendukung peningkatan perekonomian petani serta menunjang tercapainya swasembada pangan nasional seperti yang diharapkan pemerintah,” pungkas Mariyoto.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.