Sinergitas Tim Siaga Bencana Polres Lumajang Dengan Berbagai Elemen Bahu Membahu Buka Jalur Terdampak Longsor

Anggota Polres Lumajang saat tiba di lokasi longsor

POLRES Lumajang (Suarasatunews.com)
Jalur Lumajang Malang via Ranupani, tepatnya di Watu tulis Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Selasa (19/3/2019) jam 14:30 waktu setempat, terjadi longsor dengan volume panjang ±20 meter, tinggi 3 meter dan lebar ±7 meter.

Hujan lebat yang mengguyur lebat diwilayah ini, membuat akses jalan sementara tertutup. 

Namun dengan sigap, Tim Siaga Bencana Polres Lumajang beserta Kodim 0821 Lumajang, Babinsa Koramil Senduro, TRC-PB BPBD Kabupaten Lumajang, Relawan Ranupani Senduro, TNBTS Lumajang dan masyarakat setempat, bahu membahu untuk dapat segera membuka jalan yang tertutup tanah longsor.

Alat berat bergerak menuju lokasi dengan pengawalan personel TRC-PB, karena proses pembersihan manual kurang efektif serta hanya berhasil membuka ruang agar roda dapat melintas. 

Untuk selanjutnya Tim Siaga Bencana Polres Lumajang melakukan penutupan jalur dan menyarankan jalur alternatif melalui jalur selatan yakni Piket nol untuk masyarakat yang akan menuju Malang, dikarenakan semua stake holder yang terlibat, ingin segera membuka jalur ini tanpa hambatan dan agar jalur dapat segera dilalui kembali.

Kapolres Lumajang AKBP D.R Muhammad Arsal Sahban S.H S.I.K MM M.H dalam keterangannya bersyukur, tidak ada korban dalam bencana alam kali ini, meski longsor menutup jalan kurang lebih sejauh 20 Meter.

"Dengan gotong royong semua elemen baik, dengan cara manual maupun dengan bantuan alat berat berhasil mengurangi volume longsor dan jalur akan segera dibuka kembali.  Saat ini saya sudah mendapat laporan jalur tersebut sudah bisa dilalui karena alat berat sudah diturunkan di titik terjadinya longsor dan jalur Lumajang Malang Via Ranupani, dapat dilalui seperti sediakala kembali," terang Kapolres, Rabu (20/3/2019).

Namun, Kapolres menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati, karena derasnya intensitas hujan membuat area licin dan perlu konsentrasi penuh dalam perjalanan. 

"Jalur Malang Lumajang Via Ranupani dapat dilalui baik roda dua maupun roda empat sudah dapat melintasi jalur tersebut,” tukas Kapolres.

Penulis : Tim
Publisher : Tim

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.