Ribuan Relawan di Lumajang Turut Dilibatkan Dalam Pengamanan Pemilu

Dandim, Bupati dan Kapolres Lumajang bersama mengecek kesiapan pasukan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Ribuan relawan, warga Lumajang Jawa Timur dilibatkan dalam pengamanan pemililu mendatang. 
Sedikitnya, 5.690 anggota Satgas Keamanan Desa dari 198 desa se-Kabupaten Lumajang, diikut sertakan dalam gelar apel pasukan bersama Polres Lumajang, anggota Batalyon 527, Kodim 0821, KPU, Panwas, Dishub, Satpol PP, BPO Linmas dan Pagar Nusa di lapangan Stadion Semeru, Jum'at (22/3/2019).
Menjadi Irup saat itu, Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.H S.I.K MM M.H bersama Komandan Kodim 0821 Letkol Inf. Ahmad Fauzi, SE.
Kapolres Lumajang saat itu mengapresiasi, pada Satgas Keamanan Desa karena, sudah memberikan kinerja optimal dalam hal turut serta menjaga keamanan dilingkungannya masing - masing, khususnya dalam kancah pesta rakyat pemilu yang banya terhitung kurang beberapa saat lagi. 
Terang Kapolres, tugas Satgas Keamanan Desa ada empat poin teratas, diantaranya : 
Pertama : Bertugas menjaga dan memastikan keamanan didesanya dari segala bentuk gangguan Kamtibmas. 
Kedua : Bertugas mendisain sistem keamanan didesanya masing-masing, sesuai dengan karakteristik desanya. 
Ketiga : Sebagai Problem Solver bagi masyarakatnya terkait masalah-masalah kamtibmas.
Empat : membantu menangani masalah-masalah dalam masyarakat, seperti memobilisasi masyarakat dalam penanganan bencana. Masalah-masalah sosial dan juga permasalahan yang dapat timbul dari pelaksanaan pemilu kali ini.
“Dalam pengamanan TPS, 20 TPS diamankan hanya oleh 2 personil Polri tentu kurang efektif. Tapi dengan keberadaan Satgas Keamanan Desa, tentu sangat efektif dalam membantu pengamanan, apalagi mereka sudah dilengkapi HT, sehingga memudahkan komunikasi,” imbuh Kapolres.
Saat ini seluruh desa se-Kabupaten lumajang sejumlah 198 sudah membentuk Satgas Keamanan Desa. Tiap Desa beranggotakan 30-50 orang. Jumlah Personil Satgas Keamanan desa sejumlah 5.690 yang merupakah relawan keamanan.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.