Pos Koramil 0821/05 Kedungjajang Bersama Elemen Masyarakat Normalisasi Drainase.

Suasana di lokasi kegiatan

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Sebagai upaya dalam mengantisipasi terjadinya luapan air saat musim hujan, personel Pos Koramil 0821/05 bersama segenap elemen masyarakat melaksanakan karya bakti normalisasi saluran drainase yang berada di kanan kiri ruas jalan Wonorejo – Curah Petung Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Sabtu (02/03/2019).

Pelaksanaan karya bakti normalisasi drainase tersebut juga diikuti oleh koordinator UPT Dinas PU – TR Kabupaten Lumajang, jajaran Muspika Kedungjajang serta masyarakat di sekitar lokasi kegiatan.

Danpos Koramil 0821/05 Kedungjajang, Peltu Sugiantoro disela pelaksanaan kegiatan mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan karya bakti ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya genangan air yang dapat menutupi jalan.

“Curah hujan yang tinggi membuat debit air di saluran drainase yang ada di kanan kiri jalan meningkat, sehingga apabila tersumbat dapat menyebabkan meluapnya air sampai menutupi jalan dan pekarangan warga,” jelasnya.

“Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah normalisasi, untuk itu kita lakukan pembersihan dan pengerukan kembali saluran drainase, sehingga apabila hujan turun dapat menampung lebih banyak debit air,” tutur Peltu Sugiantoro.

Hal serupa juga disampaikan oleh Bahrul Rozi kepala desa setempat, bahwa drainase yang ada saat ini kurang berfungsi dengan maksimal, hal ini disebabkan adanya pendangkalan oleh tanah dan sampah serta tanaman liar yang dapat menyumpat aliran air.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kita lakukan pembersihan saluran air dari sampah dan tanaman liar serta melakukan pengerukan dasar saluran drainase, sehingga dapat menambah debit air yang ditampung,” tambahnya.

“Dengan lancarnya saluran drainase, diharapkan tidak terjadi luapan air saat terjadi curah hujan tinggi, serta tidak terjadi genangan air yang dapat dijadikan sarang bibit penyakit di lingkungan warga,” tandas Bahrul Rozi.

Penulis : Tim
Publiser : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.