Bersama Pemdes, Babinsa Tamanayu Lumajang Gelar Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Jiwa

Saat sosialisasi berlangsung 

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Mewujudkan kesejahteraan masyarakat dibidang kesehatan guna menciptakan pola hidup yang sehat baik jasmani maupun rohani, pemerintah desa Tamanayu kecamatan Pronojiwo kabupaten Lumajang menggelar sosialisasi kesehatan jiwa yang dilaksanakan di balai desa setempat, Kamis (21/3/2019)

dr. Upik selaku Penyaji materi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang menyampaikan, kesehatan jiwa adalah kondisi dimana seseorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spritual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuannya, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk dilingkungannya. 

Lebihlanjut Ia menjelaskan, penyebab gangguan kesehatan jiwa ada banyak hal, mulai dari kekerasan terhadap anak dan perempuan terutama kekerasan seksual, pornografi, penyalahgunaan narkotika, kecanduan media elektronik dan jejaring sosial, gangguan kejiwaan, dampak dari bencana dan sebagainya yang kurang mendapat perhatian atau terabaikan karena ketidakpahaman, kelelahan, kurang peduli, ketersediaan serta akses pelayanan kesehatan jiwa yang sulit dijangkau sehingga menjadikan kendala dalam penanganannya, terang Upik.

”Hal ini harus segera segera dilakukan pencegahan dan dikendalikan karena berbagai aspek tersebut dapat membebani keluarga, masyarakat dan negara serta dapat mempengaruhi pola  Pasalnya gangguan kesehatan jiwa bisa segala kalangan dan usia," kata dr. Upik. 

Dalam acara tersebut Babinsa Tamanayu Serka Reno Andriyanto juga menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada pihak-pihak terkait terutama pemerintah desa apabila dilingkungannya terdapat warga yang mengalami gejala gangguan jiwa sehingga dapat dilakukan penanganan dengan tepat dan cepat oleh yang berwenang, ujarnya.

Jaga kesehatan badan dengan berolahraga, ”Mens sana in corpore sano”, artinya dalam "badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat," luangkan waktu meski hanya sebentar untuk berolahraga karena dapat mengurangi beban tekanan baik pekerjaan maupun permasalahan lain dalam kehidupan kita, urai Serka Reno. 

Muda-mudahan apa yang sudah dikita dapatkan dari sosialisasi hari ini dapat menjadikan ilmu dan pengetahuan sehingga bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, pungkasnya.

Penulis : Tim
Publisher : Mam

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.