Babinsa Kebonsari Lumajang Hadiri Pertemuan Rutin Petani

Lokasi kegiatan, foto : Dok. Pendim 0821

LUMAJANG, (suarasatunews.com) Sebagai upaya untuk menampung aspirasi dan membahas permasalahan yang dihadapi petani, Babinsa Kebonsari Koramil 0821/19 Sumbersuko bersama PPL menghadiri pertemuan rutin yang bertempat di Pondok Kelompok Tani Sumber Jaya, Desa Kebnsari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Kamis (28/03/2019).

Dalam pertemuan tersebut, disamping dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi petani, juga dapat digunakan sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan informasi, serta memberikan arahan dan pembinaan terhadap petani.

Agus Jauhari, S.P., Kepala BPP Pertanian Sumbersuko dalam pertemuan rutin tersebut menyampaikan, bahwa pertemuan rutin bagi para kelompok tani sangat penting untuk dilakukan, setidakya sebulan sekali.

“Dengan pertemuan seperti ini, segala informasi dapat langsung disampaikan kepada petani, serta segala permasalahan yang ada dapat dibicarakan bersama guna mendapatkan solusi bersama,” katanya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, guna menjaga kesuburan tanah, diharapkan petani melakukan pergantian tanaman dan meningkatkan penggunaan pupuk organik di lahan pertanian.

“Metode dua kali tanam padi dan satu kali tanam palawija dapat menjaga unsur hara dan mengurangi kadar asam dalam tanah, sehingga kesuburan tanah dapat selalu terjaga,” jelas Agus.

Sementara itu Sertu Rudi Hariyanto, Babinsa Kebonsari kesempatan tersebut juga menyampaikan, petani diharapkan dapat memanfaatkan lahan kosong di areal pertanian untuk menambah pendapatan petani.

“Di samping menanam tanaman pokok di lahan pertanian, petani dapat memanfaatkan pematang sawah untuk ditanami palawija jenis kacang-kacangan maupun tanaman sayur-sayuran, sehingga petani dapat mendapatkan penghasilan tambahan,” tuturnya.

“Semoga ke depan, pertanian Desa Kebonsari dapat lebih maju dan petani dapat lebih meningkat kesejahteraannya, sehingga program ketahanan pangan nasional dapat terwujud sesuai dengan harapan pemerintah,” harap Sertu Rudi.

Penulis : Tim
Publisher : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.