Peduli Kesehatan, Babinsa Gucialit Lumajang Dampingi Kegiatan PSN

Babinsa bersama petugas kesehatan, nampak memeriksa tong yang disinyalir menjadi sarang jentik nyamuk

Lumajang (suarasatunews.com)

Babinsa Gucialit Koramil 0821/04 Gucialit bersama dengan petugas Puskesmas, perangkat dan bidan desa, kader posyandu, serta masyarakat Desa Gucialit, melaksanakan karya bakti dan pemberantasan sarang nyamuk di wilayah desa tersebut, Jumat (15/02/2019).

Hal itu dilakukan akibat turunnya hujan yang terjadi setiap hari, sering mengakibatkan lingkungan menjadi becek dan terdapat genangan air di beberapa tempat. 

Dan menyebabkan nyamuk demam berdarah dapat berkembang dengan baik.

Danramil 0821/04 Gucialit Kapten Kav Sujarno mengatakan, bahwa peran aktif personel koramil dalam kegiatan kemasyarakatan ini sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan.

Di musim hujan ini, dirinya juga menghimbau kepada pejabat RT dan RW setempat untuk selalu aktif mengingatkan warganya, agar membersihkan kamar mandi paling tidak seminggu sekali, menjaga kebersihan lingkungan, serta melaksanakan 3 M.

“Dengan pelaksanaan kegiatan bersama ini, semoga dapat memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, sehingga kebersihan dan kesehatan lingkungan selalu dapat terjaga,” tukas Danramil.

Diwaktu yang sama, Irma petugas kesehatan puskesmas Gucialit menyampaikan, bahwa penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti saat musim hujan sangat cepat penyebarannya, hal ini disebabkan banyaknya sampah yang dapat menampung air hujan.

“Saat musim hujan hendaknya kita selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama tempat-tampat yang dapat menampung air hujan, agar tidak digunakan nyamuk demam berdarah untuk berkembang biak,” tambahnya.

“Tidak hanya melakukan pengecekan terhadap bak mandi di rumah warga saja, dalam kegiatan ini petugas juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan pemukiman warga,” tutur Irma.

Penulis : Tim
Editor    : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.