Pastikan Kondusifitas Wilayah, Tiga Pilar Lumajang Patroli Bersama

Dari kiri : Dandim 0821- Bupati- Kapolres Lumajang

Lumajang (suarasatunews.com)

Maraknya tindak kriminal yang terjadi di wilayah Kabupaten Lumajang, khususnya pencurian hewan dan begal, membuat masyarakat menjadi resah.  Guna menjaga dan memastikan kondusifitas selalu dalam keadaan aman, Tiga Pilar Kabupaten Lumajang melaksanakan patroli bersama, Jumat malam (02/02/2019).

Pelaksanaan patroli bersama tersebut dilakukan dengan mengendarai motor bersma dan menyisir wilayah yang dianggap rawan tindak kriminalitas.

Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf Ahmad Fauzi, S.E. mengatakan, patroli ini dilakukan untuk meminimalisir tindak kriminal yang marak terjadi di wilayah Kabupaten Lumajang.

"Selain itu, patroli bersama ini dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat, bahwa unsur TNI, Polri dan pemerintah daerah Kabupaten Lumajang selalu bersinergi dan sangat serius menangani permasalahan tindak kriminal yang sering terjadi di wilayah," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Dandim, di samping berpatroli, kita juga akan mengunjungi Satgas Keamanan Desa yang sudah terbentuk, guna memberikan motivasi dan semangat kepada anggota satgas dalam menjalankan tugasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat mengunjungi Satgas Keamanan Desa Condro Kecamatan Pasirian, bahwa patroli bersama tiga pilar ini sebagai wujud keseriusan aparat pemerintah dan aparat keamanan dalam menangani tindak kriminalitas yang terjadi di Kabupaten Lumajang.

"Satgas keamanan desa yang terbentuk, sebagai motivator bagi warga untuk berperan aktif menjaga keamanan dan kondisi lingkungan selalu dalam keadaan kondusif, untuk itu diharapkan, satgas keamanan yang terbentuk harus terorganisir, sehingga setiap malam ada yang standby dan mengkoordinir warga untuk mengaktifkan siskamling," jelasnya.

Sementara itu Kapolres Lumajang AKBP Dr. Mohammad Arsal Sahban, S.H., S.I.K., M.M., MH. menambahkan, mekanisme pelaksanaan tugas satgas keamanan diharapkan dapat mengoptimalkan warga dalam mengaktifkan siskamling, agar ruang gerak pelaku tindak kriminalitas dapat diminimalisir.

"Diharapkan dengan peran aktif satgas keamanan di desa, ke depan satgas keamanan dapat menjadi figur tokoh masyarakat, serta membantu pemerintah desa dalam menjaga kondusifitas wilayah dan mengatasi berbagai permasalahan sosial yang terjadi," pungkas Kapolres.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.