Hari Peduli Sampah Nasional, Koramil 0821/04 Gucialit Karya Bakti Bersihkan Lingkungan Bersama Warga

Suasana dilokasi kegiatan

Lumajang, (suarasatunews.com) Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019, personel Koramil 0821/04 Gucialit bersama dengan berbagai elemen masyarakat yang ada di wilayah, menyelenggarakan karya bakti dengan melaksanakan pemungutan sampah yang ada disepanjang jalan Dusun Sidomakmur Desa Gucialit kecamatan Gucialit Kabupaten Lumjang, Jumat (22/02/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya diikuti oleh jajaran aparat pemerintah kecamatan Gucialit saja, namun kegiatan ini juga diikuti oleh elemen berbagai elemen masyarakat pemerhati lingkungan diantaranya adalah Komunitas GOWA (Gucialit Organisation Wisata Alam) yang ada di wilayah tersebut. 

Danramil 0821/04 Gucialit Kapten Kav Sujarno mengatakan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan bersama dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari (kemarin).

”Momentum kegiatan yang kita laksanakan saat ini sangat tepat, hari Jumat yang identik untuk melaksanakan pembersihan kita diisi dengan karya bakti bersama, dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang bertemakan Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai," ujarnya.

"Hendaknya peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, menjadi langkah awal untuk mengubah perilaku masyarakat dalam menangani sampah, berbagai upaya dapat dilakukan untuk mendorong perilaku positif terhadap sampah dengan melakukan cara penanganan sampah yang baik, gerakan bersama untuk membersihkan lingkungan dan melakukan daur ulang produk kreatifitas berbahan sampah sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat serta memiliki nilai," terangnya.

Camat Gucialit Yudi Prasetyo juga menambahkan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, Contohnya sampah organik bisa berguna bagi pupuk tanaman atau Kompos, sedangkan anorganik bisa dimanfaatkan sebagai daur ulang untuk kreatifitas yang bisa memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat. 

Ia juga menghimbau kepada seluruh warga agar tidak hanya momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional saja masyarakat harus sadar dan peduli terhadap lingkungannya, akan tetapi berbudaya hidup bersih harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari guna mewujudkan pola hidup yang sehat.

Penulis : Tim
Editor    : Mam

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.