Forkopimka Sumbersuko Lumajang Bina Layanan Kesehatan Tradisional

Kegiatan pembinaan

Lumajang (suarasatunews.com)

Guna meningkatkan kualitas pengobatan tradisional di wilayah, Forkopimka Sumbersuko bekerjasaama dengan Puskesmas Labruk kidul melaksanakan pembinaan pelayanan kesehatan tradisional yang bertempat di Pendopo Kecamatan Sumbersuko, Rabu (13/02/2019).

Kegiatan pembinaan tersebut diikuti oleh 40 orang yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang pijat dan penjual jamu tradisional yang ada di wilayah Kecamatan Sumbersuko.

Indriono Krisna Murti, Camat Sumbersuko mengatakan, bahwa kegiatan pembinaan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Puskesmas Labruk Kidul, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada penyedia jasa pengobatan tradisional yang ada di wilayah Kecamatan Sumbersuko.

"Dengan memahami tentang standart mutu kesehatan, diharapkan kepada penyedia jasa kesehatan tradisional seperti tukang pijat dan penjual jamu tradisional dapat meningkatkan pelayanannya, sehingga masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang tepat, sesuai dengan standart kesehatan yang telah ditetapkan dengan harga yang terjangkau," tuturnya.

 Kepala Puskesmas Labruk Kidul, Krisna Kumala Dewi menambahkan, bahwa pemerintah sudah melarang penggunaan bahan berbahaya untuk di konsumsi karena dapat mengganggu kesehatan masyarakat.

"Untuk itu diharapkan kepada penjual jamu tradisional, dalam meracik jamu tradisional diharapkan selalu menggunakan bahan berkualitas, dan memperhatikan dosis bahan dalam meracik, sehingga kualitas produk terjamin dan aman dikonsumsi masyarakat," lanjutnya.

"Ke depan akan direncanakan, dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, baik pertemuan maupun olahraga, diharapkan ada jamuan yang menyajikan jamu tradisional, hal ini dimaksudkan untuk membudayakan minum jamu, serta untuk memberikan motivasi kepada pembuat jamu tradisional untuk lebih meningkatkan kualitas produksi jamu tradisionalnya," jelas Krisna.

Sementara itu Danramil 0821/19 Sumbersuko, Kapten Arh Bambang Suwedi menyampaikan apresiasi dan dukungan program pembinaan kesehatan tradisional di wilayah Kecamatan Sumbersuko.

"Saat ini, pengobatan tradisional masih dipercaya oleh masyarakat, untuk itu kualitas dan pelayanan yang memenuhi standart kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," tuturnya.

"Sebagai anggota TNI yang bertugas di wilayah, personel Koramil 0821/19 Sumbersuko akan selalu siap mendukung dan membantu pelaksanaan program pemerintah, demi mewujudkan masyarakat yang sehat, kuat dan sejahtera," pungkas Danramil.

Penulis : Tim
Editor    : Edo

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.