Antisipasi Wabah DBD, Babinsa Selok Awar-awar dan Warga Bersihkan Saluran Air

Koptu Slamet Hariyadi Babinsa Selok Awar-awar, membersihkan selokan air

Lumajang (suarasatunews.com)

Guna menciptakan lingkungan yang bersih dan berpola hidup sehat kepada masyarakat, Babinsa bersama Staf Desa Selok Awar-awar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, mengajak warga yang ada di wilayah  RT.  29 RW. 11 Dusun Krajan I, adakan kerja bakti dalam rangka kegiatan padat karya pembersihan saluran air yang ada di wilayah setempat, Jumat (8/2/2019).

Koptu Slamet Hariyadi Babinsa Selok Awar-awar Koramil 0821/08 Pasirian mengatakan, kegiatan kerja bakti bersama dengan staf desa beserta warga, merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih sehingga pola hidup sehat ditengah masyarakat dapat kita wujudkan bersama.

"Menindak lanjuti cuaca musim hujan seperti saat ini warga kita himbau sekaligus diajak bersama untuk membersihkan lingkungan disekitar tempat tinggal, terutama saluran air yang ada jangan sampai terjadi adanya penyumbatan karena akan dijadikan sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk yang menyebabkan kerawanan terhadap mewabahnya penyakit DBD," terang Koptu Slamet.

Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan seperti saat ini, bertujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan yang akan mendukung terhadap tercapainya pola hidup sehat. Sehingga upaya antisipasi sejak dini terhadap mewabahnya penyakit DBD sudah kita lakukan.

Sementara Pj. Kepala Desa Selok Awar-awar Eko Prasetyo yang juga hadir dalam kegiatan kerja bakti bersama seluruh perangkat desa menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan program dari Padat Karya yang dialokasikan pada sektor pembersihan saluran air yang juga berfungsi sebagai irigasi bagi warga khususnya para petani dalam pendistibusian pengairan menuju lahan persawahan.

"Saluran ini menjadi kurang lancar karena terkendala dengan adanya sampah dan pendangkalan didasar akibat dari endapan lumpur yang semakin menebal, jika tidak kita upayakan pembersihan alirannya menjadi kurang lancar bahkan sebagaian mengalami penyumbatan, dan tentunya akan menimbulkan berbagi permasalahan, terjadi luapan dan genangan air ditengah lingkungan warga yang rentan dijadikan tumbuhnya jentik-jentik nyamuk," jelasnya.

"Kepada warga juga dihimbau untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah di saluran air sehingga alirannya akan tetap terjaga kelancarannya," pungkas Pj. Kades Selok Awar- awar.

Penulis : Tim
Editor    : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.