Akhiri Masa Tanam, Babinsa Munder Selamatan Bersama Poktan

Suasana dilokasi kegiatan

Lumajang (suarasatunews.com)

Sebagai wujud syukur kehadirat Allah SWT, mengakhiri masa tanam kali Babinsa Munder Koramil 0821/11 Yosowilangun bersama dengan kelompok tani Adil Makmur menggelar selamatan tutup tanam, yang bertempat di Dusun Madurejo Desa Munder Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, minggu (17/02/2019).

Acara selamatan tutup tanam tersebut juga dihadiri oleh Kepala BPP Pertanian Kecamatan Yosowilangun, Kepala Desa Munder dan staf, serta anggota Kelompok Tani Adil Makmur berlangsung dengan hikmat.

Mashudi, Kepala BPP Pertanian Kecamayan Yosowilangun mengatakan, bahwa kegiatan selamatan tutup tanam merupakan salah satu tradisi dari para pendahulu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa.

"Ini merupakan tradisi turun temurun masyarakat setempat, yang dimaksudkan sebagai ungkapan syukur, serta berharap apa yang ditanam selama musim tanam dapat tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan panen yang melimpah," ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, musim hujan yang ekstrim beberapa hari ini memberikan dampak yang kurang baik pada pertanian, karena dapat menyebabkan debit air sungai meluap dan menggenangi lahan pertanian yang ada.

"Semoga dengan ungkapan rasa syukur dalam menutup masa tanam ini, dapat memberikan berkah bagi pertanian warga, sehingga pada musim panen mendatang dapat memperoleh hasil yang melimpah," harap Mashudi.

Sementara itu Sertu Sugeng Agus Wiyono, babinsa setempat yang turut hadir salam kegiatan tersebut juga mengatakan, bahwa turut sertanya babinsa dalam kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan tradisi yang ada di wilayah.

"Peran aktif babinsa ini juga sebagai wujud pelaksanaan tugas pendampingan pertanian di desa binaan, dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, sesuai dengan harapan pemerintah," pungkasnya singkat.

Penulis : Tim
Editor    : Her

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.