Warga dan TNI Koramil Yosowilangun Lumajang Benahi Tanggul Sungai Bondoyudo

Lokasi kegiatan pembenahan tanggul

Lumajang (suarasatunews.com)
Pemerintah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, bekerjasama dengan TNI Koramil 0821/11 Yosowilangun dan berbagai elemen masyarakat lainnya, menggelar karya bakti memperbaiki tanggul di Dusun Wadaan Desa Kalipepe, Jumat (4/1/2019).

Camat Yosowilangun, Yoni Nurcahyono, S. STP mengatakan, pelaksanaan karya bakti ini merupakan upaya untuk memperbaiki tanggul sungai Bondoyudo, karena mengalami pengikisan akibat tergerus aliran air sungai yang deras.

"Upaya perbaikan ini harus segera dilakukan guna mengantisipasi debit air yang semakin besar mengingat akhir-akhir ini intensitas curah sangat tinggi. Dikhawatirkan apabila tidak segera diperbaiki dapat mengakibatkan tanggul menjadi jebol yang berdampak banjir ditengah pemukiman masyarakat dan areal lahan persawahan milik warga yang tentunya dapat merugikan para petani," terangnya.

Camat juga menghimbau, agar senantiasa waspada dalam menghadapi musim hujan dengan intensitas yang tinggi.

"Kepada seluruh elemen pemerintahan yang ada dimasing-masing desa, agar selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Babinsa, maupun Babinkamtibmas sehingga permasalahan yang ada dapat segera ditanggulangi serta ditindaklanjuti," harap Yoni.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Danramil 0821/11 Yosowilangun Kapten Arm Aji Joyo Kumoro, pihaknya sudah menginstrusikan jajaran Babinsa dengan memberikan penekanan untuk memonitor wilayah masing-masing selama 1x24 jam, dan selalu berkoordinasi serta berkomunikasi dengan unsur tiga pilar. Sehingga bila sewaktu-waktu terjadi penonjolan wilayah segera diambil tindakan secara cepat dan tepat.

”Fokus pembenahan saat ini adalah memasang karung sebanyak 450 buah yang sudah diisi dengan tanah selanjutnya dipasang sepanjang 10 m dengan ketinggian 6 m dibagaian tanggul, yang mengalami pengikisan sebagai penahan gerusan air untuk mengantisipasi debit air yang lebih besar," pungkas Kapten Aji. (TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.