Peduli Lingkungan, Babinsa Purwosono Partisipasi Dalam Kegiatan Pelepasan Bibit Ikan Nila

Saat penebaran bibit

Lumajang (suarasatunews.com)
Sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan khususnya ekosistem sungai, Babinsa Purwosono Koramil 0821/19 Sumbersuko mendampingi petugas BPP Pertanian Kecamatan Sumbersuko dalam pelepasan bibit ikan Nila bertempat di aliran Sungai Untung Slamet yang berada di Dusun Darungan Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Rabu (16/01/2019).

Menurut Suwardi, selaku Kepala BPP Pertanian Kecamatan Sumbersuko, pelepasan bibit ikan Nila di Sungai Untung Slamet ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga ekosistem agar lingkungan sungai tetap lestari.

“Bibit ikan yang kita lepas kali ini sebanyak 2000 ekor yang merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang,” ungkapnya.

Ditambahkan suwardi, bahwa Nila merupakan jenis ikan yang mudah tumbuh dan berkembang biak dengan cepat dialiran sungai, dan diharapkan dengan dilepas di alam terbuka dapat membantu melestarikan ekosistem sungai secara alami.

“Peran aktif masyarakat dalam memelihara kelestarian alam khususnya ekosistem sungai juga sangat diperlukan, agar ketersediaan air dapat selalu terjaga, selain dapat menunjang pertumbuhan ekosistem yang ada didalamnya juga sebagai kebutuhan untuk mencukupi lahan pertanian yang ada, sehingga dapat mendukung tercapainya tujuan swasembada pangan nasional,” tandasnya.

Hal serupa juga disampaikan Serda Masrokim Atmajaya selaku Babinsa setempat, bahwa menjaga kelestarian alam merupakan tugas dan tanggung jawab semua lapisan masyarakat.

“Setiap program yang dilaksanakan pemerintah sebagai upaya dalam melestarikan lingkungan, tanpa ada dukungan dari segenap lapisan masyarakat tidak akan tercapai, untuk itu peran aktif masyarakat sangat diharapkan, agar tujuan yang dicapai menjadi lebih optimal,” jelasnya.

Kepada warga juga dihimbau agar turut menjaga kebersihan lingkungan dialiran sungai dengan tidak membuang sampah didalamnya karena dapat menganggu perkembangan ekosistem terutama ikan yang saat ini sudah dilepaskan, imbuhnya.

“Semoga dengan dilepasnya 2000 ekor bibit ikan nila ini dapat membantu menjaga kelestarian sungai Untung Slamet, sehingga hasilnya juga akan dinikmati bersama,” pungkas Serda Masrokim. (TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.