Kampanyekan Hidup Sehat, Babinsa Kalipepe Dampingi Petugas Puskesmas Gelar ODF

Babinsa saat menunjuk tempat BAB warga dan selanjutnya dibongkar diarahkan ke tempat yang layak

Lumajang (suarasatunews.com)

Mewujudkan kesejahteraan masyarakat dibidang kesehatan, petugas Puskesmas Yosowilangun didampingi Babinsa Kalipepe Koramil 0821/11 menggelar kegiatan ODF (Open Devecation Free) yang dilaksanakan di wilayah desa Kalipepe kecamatan Yosowilangun kabupaten Lumajang, Jum`at (25/01/2019).  

Babinsa Kalipepe Koramil 0821/11 Yosowilangun Pelda Mashuri mengatakan, adanya kegiatan ODF (Open Devecation Free) akan sangat bermanfaat bagi warga, mengingat saat ini masih ditemukan beberapa warga yang masih mengikuti perilaku hidup kurang sehat seperti membuang kotoran/BAB disembarang tempat. Sehingga menurutnya bisa menganggu kesehatan dilingkungannya.

"Kegiatan ini sekaligus mengkampanyekan, menganjurkan, menghimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk meninggalkan perilaku yang buruk dalam BAB dengan membuang kotoran disembarang tempat baik di pekarangan, kebun maupun di sungai yang akan mengganggu kesehatan lingkungan serta mengajak untuk menerapkan pola hidup sehat dengan BAB ditempat yang layak/WC," ujar Pelda.

Hasanatul, petugas Puskesmas kegiatan tersebut juga mengungkapkan hal yang sama, kegiatan ODF bertujuan untuk memberikan kesadaran dan memberikan pengertian kepada masyarakat untuk berbudaya hidup sehat dengan tidak membuang kotoran/BAB disembarang tempat.

"Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ODF yang saat ini sedang dilaksanakan merupakan tindaklanjut dari hasil Lokakarya Mini Lintas Sektoral beberapa waktu yang lalu, sehingga diputuskan dan disepakati bersama untuk memecahkan permasalahan kesehatan masyarakat yang ada diwilayah kecamatan Yosowilangun, secara bergilir dari desa ke desa kegiatan ini nantinya akan terus berjalan dengan target sesuai harapan," terangnya. 

"Muda-mudahan dengan kegiatan ODF ini masyarakat sadar untuk mengikuti pola hidup sehat dan bersih, BAB hanya dijamban sehingga peningkatan kualitas dari sumberdaya manusia guna menghindarkan dari segala penyakit yang dapat berjangkit dilingkungan sekitar, terimakasih kepada Babinsa yang sudah mendampingi kegiatan ini sehingga warga menjadi termotivasi dan juga semakin sadar serta mengerti," pungkas Hasanatul. (TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.