Personel Koramil 0821/17 Pasrujambe Lumajang Normalisasi Irigasi Pasca Longsor

Tersirat kebersamaan begitu kental saat kegiatan berlangsung 

Lumajang (suarasatunews.com)
Pasca hujan deras beberapa hari yang lalu, wilayah dusun Krajan II desa Pasrujambe kecamatan Pasrujambe kabupaten Lumajang menyebabkan terjadinya longsor, saluran irigasi yang berada dibawah tebing diwilayah tersebut tertutup material tanah sepanjang 15 m. 

Guna menormalisasi saluran air tersebut agar bisa berfungsi sebagai mana mestinya, personel Koramil 0821/17 Pasrujambe bersama dengan warga setempat yang tergabung dalam kelompok tani Mitra Tani bahu membahu menggelar kegiatan karya bakti guna menyingkirkan material tanah yang menutupi saluran air tersebut, Sabtu (1/11/2018).

Danramil 0821/17 Pasrujambe Kapten Inf Suyono yang juga hadir dilokasi kegiatan mengatakan, karya bakti yang dilaksanakan bersama dengan warga merupakan upaya untuk menormalisaai saluran irigasi agar secepatnya bisa berfungsi kembali sebagai mana mestinya untuk sarana pengairan lahan bagi para petani, ujarnya.

Danramil Pasrujambe juga menyatakan, bahwa sebagai Satuan Kewilayahan yang berada ditengah-tengah masyarakat akan senantiasa peduli dengan keadaan dan permasalahan yang dihadapi oleh para warga didaerah termasuk diantaranya adalah menanggulangi terjadinya bencana alam dan berbagai persoalan lainnya yang dihadapi oleh masyarakat.

"Kepada masyarakat juga dihimbau untuk selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi dengan cuaca hujan yang terjadi pada saat ini, mengingat wilayah kecamatan Pasrujambe mayoritas berada didataran tinggi yang rentan terjadi tanah longsor jika musim hujan," tandas Kapten Suyono. 

Masyarakat juga diharapkan segera melaporkan segala perkembangan yang terjadi dilingkungan masing-masing kepada aparat pemerintah yang ada, baik Babinsa maupun Babinkamtibmas agar permasalahan yang ada bisa segera mendapatkan penanganan secepatnya, himbau Danramil. 

Sementara Hariono Kades Pasrujambe juga menambahkan, kepada masyarakat juga dihimbau untuk menumbuhkan kepekaan terhadap cuaca hujan sebagai upaya untuk mengantisipasi gejala-gejala sejak dini terhadap ancaman bencana yang terjadi terutama tanah longsor, terangnya. 

"Mewakili masyarakat desa Pasrujambe saya mengucapkan terimakasih kepada personel Koramil Pasrujambe yang sudah memotivasi warga sehingga saluran sepanjang 15 m yang tertutup material longsoran dapat disingkirkan dan irigasi ini bisa difungsikan kembali, mengingat pada saat ini para warga petani sudah memasuki persiapan masa tanam", pungkas Hariono.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.