Patroli Jalur Kereta Api Oleh Sat Sabhara Polres Lumajang

Nampak anggota Sat Sabhara Polres Lumajang dan petugas PT KAI berpatroli bersama

Lumajang (suarasatunews.com)
Satuan Sabhara Polres Lumajang Jawa Timur, melaksanakan pemantauan rute kereta dari stasiun Klakah sampai dengan Stasiun Jatiroto, Rabu (26/12/2018). 

Hal ini bertujuan untuk memantau apakah ada kerusakan pada rel kereta, dan apakah ada hal hal mencurigakan yang dapat mengganggu perjalanan kereta api dijalur tersebut. 

Saat itu, Sat Sabhara Polres Lumajang didampingi dua orang dari pihak KAI memantau rel kereta eepanjang jalur antar stasiun tersebut. 

Menurut laporan, banyak kelakuan dari tangan tangan jail dengan menumpuk batu di rel kereta api, dan itu dinilai bisa memicu mall fungsi pada kereta. 

Selain itu, petugas juga memantau dan mengamankan penumpang yang hendak naik serta turun dari kereta, dimana banyak masyarakat yang lengah saat berdesak desakan dan tidak sadar akan adanya pelaku kejahatan mengintai mereka. 

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban menuturkan, pihaknya sering mendengar adanya sekelompok anak yang jail, mengganggu jalannya kereta dengan menyusun batu di bagian rel. 

Hal ini kata Kapolres dapat menyebabkan kereta tergelincir dan mengakibatkan kerugian banyak orang. 

"Anggota saya juga tidak lupa memantau aktivitas masyarakat di stasiun. Dimana tempat tempat umum adalah sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan melancarkan aksinya. Kalau kita perhatikan, banyak kabar beredar mengenai pelecehan seksual, perampasan dan tindak kriminalitas lainnya yang terjadi di tempat umun. Dan hal ini juga tidak menutup kemungkinan kejadian tersebut menimpa warga yg berada di stasiun tersebut," tegas Arsal.

Oleh karena itu, menghadapi libur panjang dalam perayaan tahun baru 2019, patroli berbagai tempat digencarkan olehnya guna menanggulangi kejadian kejadian yang merugikan masyarakat. 

"Dengan adanya patroli, pengawasan dan pemantauan semoga dapat menekan angka kriminalitas yag terjadi ditempat umum," pungkas Kapolres.

Perlu diketahui, alam operasi lilin semeru 2018 kali ini, Polres Lumajang telah menyiapkan personil diberbagai titik objek vital. 

Seperti meningkatkan patroli di berbagai wilayah yang menjadi konsentrasi masa untuk menghabiskan libur panjang kali ini. Polres Lumajang juga mendirikan dua pos pengamanan di Sukosari Kecamatan Jatiroto dan di Jalan Raya Ranuyoso serta membangun pos pelayanan di sekitar terminal minak koncar. 

Hal ini difungsikan agar mempermudah masyarakat yg membutuhkan bantuan polisi dalam keadaan darurat. (TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.