Kolaborasi BNPB, TNI dan Warga di Lumajang, Lakukan Sulam Tanggul Jebol

Lokasi kegiatan

Lumajang (suarasatunews.com)
Pasca bencana banjir yang melanda Desa Rowokangkung dan Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung bersama, dengan BNPB Kabupaten Lumajang dan warga setempat melaksanakan karya bakti dalam upaya penambalan tanggul Sungai Sariono, Kamis (27/12/2018).

Di sela pelaksanaan kegiatan, Teguh Widjayono, Ketua Tanggap Bencana dan Koordinator Logistik BNPB Kabupaten Lumajang mengatakan, pelaksanaan kegiatan penambalan tanggul sungai sariono ini sangat penting untuk dilakukan. Menurutnya agar sewaktu-waktu jika hujan deras debit air tidak sampai menyebabkan terjadinya banjir.

"Mumpung saat ini intensitas hujan rendah dan air Sungai Sariono surut, perlu segera dilakukan penambalan tanggul sungai meskipun hanya bersifat sementara dengan menggunakan sak-sak yang berisi pasir," tambahnya.

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan, bahwa hal ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi, apabila intensitas hujan tinggi yang menyebabkan debit air naik, dapat meminimalisir terjadinya banjir susulan yang dapat meresahkan warga.

"Peran aktif dan dukungan dari semua pihak sangat kami butuhkan untuk meminimalisir dampak yang diakibatkan dari bencana yang terjadi, sehingga dapat membantu meringankan beban yang dirasakan oleh warga Desa Rowokangkung dan Desa Sidorejo," tutur Teguh.

Di lain pihak Pelda Amari, Bati Tuud Koramil 0821/16 Rowokangkung mewakili Danramil mengatakan bahwa sebagai anggota TNI yang bertugas melaksanakan pembinaan di wilayah teritorial, akan selalu siap membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam membantu mengatasi bencana yang terjadi di wilayah.

"Peran aktif ini merupakan wujud dari pelaksanaan tugas pembinaan wilayah serta sebagai wujud kepedulian TNI terhadap rakyat," ujarnya.

"Tidak hanya melaksanakan penambalan tanggul saja, bersama dengan BNPB Lumajang dan instansi yan lain, pendistribusian bantuan kepada warga korban bencana banjir masih terus dilaksanakan.  Semoga tidak terjadi bencana banjir susulan saat intensitas hujan tinggi," harap Pelda Amari.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.