Jaga Kebersihan Lingkungan, Babinsa Kebonsari Bersama Tim Kesehatan Puskesmas Yosowilangun Gelar PSN

Lokasi kegiatan

Lumajang (suarasatunews.com)
Mewujudkan pola hidup bersih ditengah lingkungan masyarakat, pemerintah desa Kebonsari didampingi Babinsa menggandeng Tim Kesehatan dari Puskesmas Yosowilangun mengadakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang digelar di wilayah rt. 13 rw. 14 dusun Darungan desa Kebonsari kecamatan Yosowilangun kabupaten Lumajang, Jum`at (21/12/2018).

Menurut Sertu Sriyono selaku Babinsa setempat mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya memberikan pendampingan bagi petugas Puskesmas dan Bidan desa dalam rangka memberikan pemahaman pola hidup sehat untuk menciptakan lingkungan yang bersih sehingga bebas dari tempat bersarangnya nyamuk dengan mengajak masyarakat membersihkan tempat tinggal dan lingkungan sekitar, ujarnya.

Saat ini cuaca sudah memasuki musim penghujan, berbagai permasalahan akan muncul jika tidak disikapi dengan tindakan untuk mengantisipasi dan mencegah dari dampak yang ditimbulkan, lingkungan yang kotor akibat dari genangan air dan sampah dapat menyebabkan tempat bersarangnya nyamuk sehingga rawan terhadap acaman wabah penyakit seperti DB (Demam Berdarah), terang Sertu Sriyono.

Hal yang sama juga telah dikatakan oleh Erfika Dyastuti. W. Amd. Keb selaku Bidan desa Kebonsari, memasuki musim penghujan di bulan Desember ini merupakan masa paling subur  untuk nyamuk bersarang terutama pada genangan air.

"Kepada seluruh warga dihimbau untuk selalu waspada terhadap serangan nyamuk yang dapat mengakibatkan terjangkitnya wabah DBD, untuk itu masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan pada bak penampungan air, mengubur kaleng bekas yang terisi air dan mengupayakan agar jangan ada genangan air di sekitar rumah", jelas Erfika. 

Sementara Sugiyono Kades Kebonsari yang juga turut serta dalam kegiatan tersebut bersama para stafnya mengajak kepada seluruh warganya untuk senantiasa mewujudkan pola hidup sehat dengan membersihkan seluruh tempat baik yang ada didalam rumah maupun disekitarnya agar nyamuk tidak dapat berkembangbiak dengan baik. 

Dengan menjaga kebersihan dan pola hidup yang sehat kita sudah mengantisipasi dari dampak yang tentunya dapat merugikan dan wabah DBD dapat dihindarkan, harap Sugiyono kepada seluruh warganya.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.