Bersama Warga, Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung Bersihkan Sungai Avor Banter

Nampak warga dan personil TNI menceburkan diri ke sungai berkarya bhakti

Lumajang (suarasatunews.com)
Sebagai wujud kepedulian terhadap masyatakat dan lingkungan, Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung bersama masyarakat membersihkan Sungai Avor Banter yang berada di Dusun Rowoasri Desa Rowokangkung Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Sabtu (15/12/2018).

Rokhim, kepala juru pengairan setempat mengatakan, Sungai Avor Banter atau yang biasa disebut oleh warga sekitar Sungai Basin, merupakan saluran pembuangan limbah Pabrik Gula Jatiroto yang sering mengeluarkan bau menyengat terutama saat musim kemarau saat musim giling.

"Kegiatan karya bakti kali ini bertujuan untuk menambah volume debit air dengan melakukan pengerukan endapan limbah yang bercampur dengan lumpur di dasar sungai, serta melaksanakan pembersihan bibir sungai dari rumput dan tanaman liar sehingga aliran air menjadi lancar," lanjutnya.

"Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat lebih menambah debit air dan memperlancar alirannya sehingga saat musim hujan dapat menampung dan mengalirkan lebih banyak air tanpa menyebabkan luberan air yang mengenangi perumahan warga," harap Rokhim.

Sementara itu Bati Tuud Koramil 0821/16 Rowokangkung Pelda M. Sukadi, mewakili Danramil mengatakan bahwa peran aktif personel bersama masyarakat ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap lingkungan dan masyarakat.

"Selain untuk memperlancar aliran air, karya bakti yang dilakukan ini juga sebagai upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

"Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan bersama ini, dapat lebih tertanam dalam diri masyarakat untuk lebih menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar, serta dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat yang semakin solid," pungkas Pelda Sukadi.

Sumber : Pendim 0821 

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.