Bersama Dengan Bidan Puskesmas Lumajang, Babinsa Tompokersan Ajak Warga Dalam Kegiatan PSN

Pemberantasan jentik nyamuk di bak mandi

Lumajang (suarasatunews.com)
Sebagai upaya mengantisiasi mewabahnya penyakit Demam Berdarah (DB) di wilayah Kelurahan Tompokersan Kecamatan / Kabupaten Lumajang, Babinsa Rogotrunan Koramil 0821/01 Lumajang bersama Bidan Puskesmas Lumajang mengajak seluruh warga yang berada di wilayah RW 07 melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Jum`at (28/12/2018).

Sertu Saifulloh Babinsa Tompokersan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan bersama ini, merupakan upaya dalam rangka mengantisipasi musim hujan yang rawan terhadap berbagai permasalahan didalamnya.

"Dantara dari sebagaian permasalahan yang harus diwaspadai dan ditindaklanjuti adalah terjadinya wabah penyakit Demam Berdarah (DB) ditengah lingkungan warga," ujarnya.

"Melalui kegiatan bersama ini kita mengajak seluruh warga untuk menggugah tentang pentingnya menjaga kebersihan, baik dalam diri sendiri maupun terhadap lingkungan sekitarnya  dan senantiasa waspada serta membiasakan diri untuk berpola hidup yang sehat sehingga badan dan lingkungan tempat tinggal kita selalu dalam kondisi yang dinamis," imbuh Sertu Saiful.

Kedepan kata dia, bukan hanya di wilayah RW 07 saja yang digalakkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk, namun secara menyeluruh diseluruh wilayah kelurahan Tompokersan akan kita gelar kegaiatan yang sama dengan maksud dan tujuan agar mewabahnya penyakit Demam berdarah bisa diantisipasi sedini mungkin.

Hal yang sama juga ditekankan oleh Abdillah Irsyad Lurah Tompokersan, menyikapi musim hujan ini masyarakat diminta betul-betul sadar untuk selalu menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing.

”Sampah dan genangan air yang selama ini menjadi masalah sesegera mungkin untuk dibersihkan dan menjaga aliran air diparit yang ada ditengah lingkungan tetap lancar tidak terjadi penyumbatan," tandasnya.

Lebihlanjut ia juga menambahkan agar masyarakat tidak membuang sampah disembarang tempat terutama di selokan atau saluran air sehingga alirannya selalu lancar dan tidak sampai menimbulkan genangan yang dapat menyebabkan tempat nyamuk untuk bersarang, pinta Abdilah.

Sementara Nur Ainiyah Bidan dari Puskesmas Lumajang yang bertugas dilokasi kegiatan lebih menekankan kepada warga tentang kebersihan pada bak atau penampung air lainnya yang ada didalam rumah agar selalu dijaga kebersihannya.

”Kondisi bak yang ada didalam kamar mandi maupun penampung air yang lain sesering mungkin dilakukan pengecekan, jika kondisi sudah kotor harus segera dikuras dan dibersihkan supaya jentik nyamuk yang ada didalamnya tidak dapat berkembangbiak, begitu juga dengan kaleng bekas maupun barang lainnya yang memungkinkan akan terisi air saat hujan sebaiknya dikubur, dengan demikian mata rantai perkembangbiakan nyamuk menjadi terputus guna menghindari adanya wabah penyakit Demam berdarah”, pungkas Ainiyah singkat.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.