Tunjang Pertanian, Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung Bantu Pembangunan SIT

Lokasi dimana personil TNI berkegiatan

Lumajang (suarasatunews.com)
Upaya peningkatan pertanian saat ini gencar dilakukan pemerintah baik melalui program pengembangan maupun perbaikan sarana dan prasarana pertanian.  

Guna mendukung dan mensukseskan hal tersebut, sebagai pendamping bidang pertanian Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung turut berperan aktif membantu pembangunan Saluran Irigasi Tersier (SIT) yang dilaksanakan di Dusun Klampokan Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung, selasa (27/11/2018).

Menurut Sudarsono, S.P. selaku Kepala Upt BPP Pertanian Kecamatan Rowokangkung, SIT yang dibangun ini sepanjang 150 meter yang dan terletak di areal lahan pertanian milih Kelompok Tani Harapan Jaya 1 dengan luas 25 hektar.

“Tidak hanya di wilayah Poktan Harapan Jaya 1 saja, nantinya seluruh saluran irigasi  tersier yang ada kita perbaiki,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Sudarsono, untuk mewujudkan pembangunan tersebut UPT BPP Pertanian akan berkoordiansi dengan pihak pemerintah desa sehingga nantinya penempatan lokasi dan pelaksanaan pembangungan SIT menjadi kewenangan desa setempat.

“Dengan demikian melalui Dana Desa yang ada pemerintah desa juga diharapkan mengalokasikan dana untuk pembangunan tersebut sehingga desa juga punya andil dalam upaya mensejahterakan petani di wilayahnya,” tutur Sudarsono.

Sementara itu Bati Komsos Koramil 0821/16 Rowokangkung Pelda M. Sukadi mengatakan peran aktif personel dalam pelaksanaan pembangunan SIT tersebut sebagai salah satu pelaksanaan tugas pendampingan terhadap petani serta sebagai wujud dukungan dalam mensukseskan program peningkatan pertanian di wilayah.

“Tidak hanya pendampingan kegiatan di lahan pertanian saja, TNI juga melaksanakan koordinasi dan komunikasi dengan dinas pertanian dan jajarannya untuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi petani serta mencari berbagai trobosan baru yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil pertanian,” lanjutnya.

“Semoga dengan selesainya pembangunan SIT ini, permasalahan air yang sering terjadi dapat teratasi sehingga petani dapat lebih termotivasi dalam meningkatkan hasil pertaniannya demi terwujudnya kesuksesan swasembada pangan nasional dan peningkatan kesejahteraan,” pungkas Pelda M. Sukadi.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.