TNI 0821/09 Candipuro Lumajang Bersama Masyarakat Evakuasi Pohon Tumbang

Saat evakuasi pohon tumbang berlangsung

Lumajang (suarajatimpost.com)
Kabupaten Lumajang, merupakan daerah yang rawan akan terjadinya bencana utamanya saat musim hujan.  
Seperti yang terjadi di kilometer 57 Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, sebatang pohon Waru berdiameter 60 Cm tumbang dan menutup akses jalan, Selasa (06/11/2018).
Untuk mengatasi hal tersebut, bersama dengan masyarakat setempat Personel Koramil 0821/09 Candipuro melaksanakan evakuasi batang pohon yang menutup sebagian jalan serta melaksanakan pembersihan hingga jalur  kembali normal.
Menurut babinsa Sumberwuluh Koramil 09 Candipuro Serda Muhammad Sodiq, pohon waru yang tumbang dan menutup sebagian jalan tersebut, mulanya diketahui Buhori, warga Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo yang hendak berangkat ke warungnya yang berada dekat dengan lokasi tumbangnya pohon.
“Setelah menerima laporan dari Buhori, Babinsa Sumberwuluh beserta beberapa personel Koramil 0821/09 Candipuro menuju lokasi dan mengajak masyarakat setempat untuk melaksanakan evakuasi dan pembersihan,” terangnya.
Lebih lanjut Serda M. Shodiq mengatakan, dengan kondisi medan yang ada proses evakuasi dan pembersihan batang pohon sedikit terkendala dengan kendaraan yang melintas sehingga arus kendaraan diberlakukan sistem buka tutup.
Dirinya juga menambahkan bahwa penyebab tumbangnya pohon waru setinggi 3 meter tersebut kemungkinan besar adalah hujan deras disertai angin kencang yang turun semalem sehingga akar pohon waru yang sudah rapuh tidak kuat menahan batang pohon waru untuk tetap berdiri.
“Mengingat wilayah Kabupaten Lumajang merupakan wilayah rawan bencana, kepada masyarakat dihimbau untuk selalu waspada saat hujan turun terutama bila disertai dengan angin kencang,” harapnya.
“Laporkan kepada perangkat desa maupun petugas setempat apabila mengetahui adanya tanda-tanda akan terjadinya bencana alam sehingga dapat diambil tindakan awal sehingga dapat meminimalisir korban dan kerugian,” pungkas Serda M. Shodiq.
Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.