Tingkatkan Hasil Panen Periode OKMAR, Babinsa Rowokangkung Dampingi Sanitasi OPT

Saat kegiatan berlangsung di area persawahan

Lumajang (suarasatunews.com)
Babinsa Rowokangkung Koramil 0821/16 Rowokangkung Lumajang membantu pelaksanaan Sanitasi OPT, di lahan milik Kelompok Tani Makmur Dusun Rowoasri Desa Rowokangkung Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Minggu (04/11/2018).

Hal ini dilakukan sebagai wujud perhatian terhadap pelaksanaan tugas pendampingan kepada para petani di wilayah binaan, serta untuk mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan nasional.

“Sanitasi OPT ini bertujuan untuk mengendalikan  organisme pengganggu tanaman lainnya yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman,” kata Babinsa Rowokangkung Sertu Ii Supriadi.

Masih kata dia, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dalam memaksimalkan hasil pertanian di wilayah.

"Sehingga diharapkan pertanian desa Rowokangkung dapat turut serta mensukseskan program ketahanan pangan seperti yang telah diharapkan pemerintah,” tutur Sertu Ii Supriadi. 

Hal serupa juga disampaikan Romelan selaku Ketua Poktan Tani Makmur, bahwa Sanitasi atau istilah dalam bahasa Jawa "Matun" yang dilakukan saat ini merupakan upaya untuk membersihkan organisme pengganggu dari tanaman pokok agar perkembangannya dapat tumbuh dengan normal dan ideal sehingga hasil panen bisa maksimal. 

Dirinya juga menyampaikan apresiasi terhadap peran aktif Babinsa yang dilakukan selama dalam mendampingi petani di lapangan sehingga petani lebih termotivasi untuk meningkatkan hasil panennya.

“Bersama dengan babinsa, kita akan selalu berkoordinasi dan bekerjasama untuk membantu mengatasi permasalahan dan kendala yang ada serta berupaya untuk terus meningkatkan hasil panen guna mendukung suksesnya program ketahanan pangan nasional sesuai dengan yang diharapkan,” lanjutnya.

“Dengan saling bekerja sama diharapkan pertumbuhan tanaman baik, hasil panen meningkat, kesejahteraan petani pun dapat meningkat sehingga tujuan program ketahanan pangan nasional dapat tercapai,” pungkas Romelan.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.