Perlancar Aliran Air, Personel Koramil 0821/20 Padang Bersihkan Saluran Irigasi Bersama Masyarakat

Suasana saat kegiatan berlangsung

Lumajang (suarasatunews.com)
Guna memperlancar dan menambah debit air di lahan pertanian, personel Koramil 0821/20 Padang bersama dengan masyarakat melaksanakan pembersihan saluran irigasi sepanjang 200 meter yang berada di Dusun Umpak Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, Jumat (9/11/2018).

Menurut Rambiyoso, Kepala Desa Tanggung bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan pembersihan dari rumput dan tanaman liar saja tetapi juga dilaksanakan pengerukan dasar saluran irigasi.

“Mengingat saat ini sudah masuk dalam musim hujan, kegiatan ini perlu untuk dilakukan aliran air menjadi lebih lancar dan debit air bertambah sehingga dapat menjamin ketersediaan air bagi lahan pertanian,” ungkapnya. 

“Mewakili desa dan masyarakat Dusun Umpak khususnya, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Koramil Padang yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan sehingga pelaksanaan pembersihan saluran irigasi ni dapat berjalan lancar,” tutur kepala desa.

Sementara itu Mewakili Danramil 0821/20 Padang, Serma Rohmat di sela pelaksanaan kegiatan juga mengatakan bahwa peran aktif personel dalam pelaksanaan kegiatan pembersihan saluran irigasi ini merupakan wujud pelaksanaan tugas pendampingan terhadap petani yang ada di wilayah.

“Disamping melaksanakan pembinaan di wilayah, TNI melalui komando kewilayahan juga bertugas untuk membantu pemerintah daerah dengan bekerja sama dengan PPL dan instansi terkait untuk membantu dan mendampingi petani dalam meningkatkan hasil pertanian sebagai upaya untuk mewujudkan swasembada pangan nasional,” jelasnya.

“Diharapkan dengan pembersihan saluran irigasi ini dapat menunjang peningkatan hasil pertanian sehingga dapat menunjang peningkatan kesejahteraan petani di wilayah Desa Tanggung,” pungkas Serma Rohmat.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.