Peduli Dengan Petani, Babinsa Karangbendo Lumajang Bantu Penyiangan Rumput

Babinsa saat berada di area sawah warga

Lumajang (suarastunews.com)
Upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan bagi para warganya terutama bagi para petani, Serda M. Wiyono Babinsa Karangbendo Koramil 0821/15 Tekung membantu penyiangan rumput dilahan milik warga di wilayah rt. 06 rw. 04 dusun Sekar Wadung desa Karangbendo kecamatan Tekung kabupaten Lumajang, Kamis (01/11/2018).

Menurut Serda M. Wiyono, bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan bentuk kepedulian terhadap warga, terutama para petani yang berada di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya untuk dapat memacu peningkatan produksi panen, sehingga kesejahteraan para petani juga akan semakin bertambah meningkat.

"Rumput yang tumbuh liar disela-sela tanaman jika tidak dibersihkan akan dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat, sehingga mengakibatkan berkurangnya produksi panen," tuturnya.

Ia juga melanjutkan, perawatan pada tanaman tidak hanya pada proses penyiangan rumput saja namun secara menyeluruh tahapan tersebut harus dilakukan dengan seoptimal mungkin, mulai pengolahan lahan, penanaman, pemupukan, pengairan, penanggulangan hama serta penyakit secara terpadu dan berkesinambungan sehingga tanaman akan mengalami  pertumbuhan yang normal, hasil yang dicapaipun akan maksimal. 

Sebagai Babinsa yang mempunyai peran dan fungsi pendampingan bagi para petani dalam program ketahanan pangan ia menyatakan akan selalu berupaya bekerjasama, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk mewujudkan produksi panen yang terus mengalami peningkatan.

"Muda-mudahan dengan sinergi bersama dapat mewujudkan semua harapan, petani juga semakin sejahtera dengan hasil panen yang terus mengalami peningkatan dan swasembada pangan dalam negeri dapat terwujud untuk merealisasikan program ketahanan pangan nasional," pungkasnya.

Sementara H. Maniso pemilik lahan yang tergabung dalam kelompok tani Karya Harapan 2 dusun  Sekar Wadung mengaku merasa senang dengan adanya program pendampingan dari Babinsa, kepedulian yang selama ini sudah dilakukan dapat membuat kami selaku warga petani menjadi lebih termotivasi untuk terus memacu peningkatan hasil panen.

”Muda-mudahan program pendampingan yang sudah dilakukan oleh Babinsa dan unsur terkait lainnya dapat berjalan terus. Sehingga kami para petani merasa ada yang membimbing dan mengarahkan dalam memajukan sistem tanam dengan menggunakan metode serta inovasi modern yang sangat bermanfaat agar kesejahteraan petani semakin meningkat seiring dengan hasil panen yang semakin baik," pungkas H. Maniso.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.