Bingkai Harmonisasi Polri dan Warga, Kapolres Lumajang Pijakkan Kaki di Pasar Tradisional Sambil Ngobrol Kamtibmas

Kapolres Lumajang saat duduk bersama pedagang tradisional

Lumajang (suarasatunews.com)
Kapolres Lumajang AKBP. DR. Muhamad Arsal Sahban lakukan sidak ke pasar rakyat (pasar induk kota Lumajang) Jumat (23/11/2018).

Orang nomer satu di kepolisian Resort Lumajang itu, turun langsung dan menyapa warga yang saat itu tengah sibuk bertransaksi jual beli.

Bukan tanpa sebab, kedatangan Kapolres saat itu, yakni selain membina harmonisasi antara Polri dan masyarakat, juga untuk memastikan jika wilayahnya aman. Berikut mendengarkan langsung apa yang dirasa dan diharap oleh warga. 

"Dalam arti luas, pasar adalah tempat bertemunya segala jenis elemen masyarakat mulai dari yang kaya hingga kurang mampu, dari mereka yang dipandang sampai kurang terpandang, hingga mereka yg punya modal besar dan juga yg tak punya apa apa. Dari situlah dapat dilihat dari kacamata kepolisian, tingkat kerawanan tindak kriminal di pasar dapat dikatakan cukup tinggi. Namun dalam konteks ini, pasar bukanlah tempat yg sangat berbahaya. Hanya saja, perlu kewaspadaan saat melakukan transaksi," kata Kapolres melalui Paur Subbag Humas Polres lumajang Ipda Catur Budi Bhaskoro. 

Kapolres mengingatkan, kejahatan kerap datang karena adanya kesempatan. Oleh karenanya ia meminta agar tetap mengedepanan antisipasi dan komunukasi serta berkoordinasi cepat dari warga ke pihaknya. 

"Jika ada yang mencurigakan, cepat2 laporkan," imbuh Kapolres. 

Pada kesempatan itu, Kapolres juga mendengar keluh kesah para penjual dan pembeli selama berada di pasar. Sebelum meninggalkan pasar, Kapolres juga menyempatkan untuk membeli daging dan sayur kepada para penjual. 

"Nggak afdol katanya kalau ke pasar, pulangnya nggak bawa apa apa," tutup Kapolres cairkan suasana. 

Diwaktu yang sama, Suyem (41) warga Lumajang saat itu berkata salut. Ia mengapresiasi Kapolres dimana saat itu berlama - lama bersama warga berbincang.

"Saya salut sama beliau, mau turun ke tempat seperti ini. Pak Kapolresnya ganteng juga, kelihatan wibawa," ujar ibu Sayem, disambut sorakan dari teman sesama pembeli yang lain. (TIM) 

1 komentar:

  1. Bravo... Kapolres lumajang yg baru, semoga sidak itu bermanfaat bagi warga terkait gangguan kamtibmas n kenyamanan warga d lingkungan pasar pd khususnya n masyarakat Lumajang pd umumnya

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.