Bersihkan Parit, Personel Koramil 0821/20 Padang Karya Bakti Bersama Warga

Foto : dilokasi kegiatan

Lumajang (suarasatunews.com)
Memasuki musim hujan berbagai permasalahan ditengah lingkungan masyarakat mulai muncul, diantaranya seperti yang terjadi di wilayah RT 10 RW 01 dusun Tekek desa Barat kecamatan Padang kabupaten Lumajang yang mengalami pendangkalan parit akibat turunnya lapisan tanah diatasnya yang terbawa pada saat cuaca hujan.

Guna menindaklanjuti permasalahan tersebut, personel Koramil 0821/20 Padang bersama dengan warga setempat mengadakan karya bakti dalam upaya menormalisasi kondisi parit agar berfungsi sebagaimana mestinya, Rabu (28/11/2018).

Serka Jianto Bati Komsos Koramil 0821/20 Padang selaku koordinator kegiatan karya bakti mengatakan, pelaksanaan kegiatan normalisasi saluran air yang dikerjakan bersama warga merupakan upaya antisipasi terhadap cuaca hujan dengan intensitas tinggi yang turun beberapa hari diminggu ini, ujarnya.

Antisipasi yang kita lakukan bersama adalah mencegah terjadinya luapan air dijalan maupun ditengah lingkungan pemukiman warga karena kondisi parit tidak mampu menampung debit air dari curah hujan yang tinggi, jelas Serka Jianto. 

Selain bertujuan untuk memperlancar aliran air, normalisasi yang dilakukan saat ini juga bertujuan sebagai sarana bagi para petani dalam menghadapi musim tanam guna memenuhi ketersediaan pengairan yang memadai para warga petani, lanjutnya.

Sementara Eko Hari  selaku kepala dusun Tekek juga menambahkan, normalisasi yang dilakukan dengan mengadakan pengerukan lapisan tanah yang ada didalam permukaan saluran dan membersihkan rumput maupun semak disepanjang parit agar saluran mampu kembali menampung debit air dengan aliran yang lancar, imbuhnya. 

Ia juga menghimbau kepada seluruh warganya, dalam menghadapi musim penghujan, masyarakat diminta untuk senantiasa menjaga kebersihan terutama dilingkungan masing-masing dan tidak membuang sampah pada saluran air yang dapat menyumbat jalannya air menjadi terhambat serta menyebabkan berbagai masalah dilingkungan kita, pungkas Hari.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.