Tunjang Sarana Pertanian, Babinsa Mangunsari Bersama Poktan Bangun Plengsengan Irigasi

Kebersamaan tersirat saat kegiatan berlangsung

Lumajang (suarasatunews.com)
Sarana Irigasi merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi para petani  untuk mendistribusikan pengairan dilahan persawahan guna mencukupi ketersediaan air yang diperlukan bagi tanaman pangan.

Guna mewujudkan hal tersebut, Babinsa Mangunsari Koramil 0821/15 bersama warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Tanjungsari di wilayah rt. 04 rw. 03 dusun Tanjungsari desa Mangunsari kecamatan Tekung kabupaten Lumajang bahu membahu bekerjasama dalam pembuatan plengsengan irigasi, Selasa (16/10/2018).

Martino selaku Ketua kelompok Tani Tanjungsari mengatakan, pembuatan plengsengan sepanjang 650 m merupakan upaya untuk memperlancar distribusi pengairan bagi para petani di wilayah dusun setempat yang pada umumnya tergabung dalam kelompok tani Tanjungsari sehingga suplai air akan semakin bertambah lancar, ujarnya.

Program pembuatan plengsengan irigasi yang saat ini sedang dikerjakan merupakan upaya untuk menahan arus air yang ada didalam saluran sehingga tidak mengikis bibir saluran yang dapat mengakibatkan jebolnya saluran irigasi, terang Martino. 

"Cuaca saat ini sangat tepat jika dipergunakan untuk membuat plengsengan karena musim kemarau dan kondisi saluran irigasi dalam keadaan kering serta diharapkan pada musim hujan yang akan datang kondisi plengsengan sudah selesai pengerjaannya sehingga fungsinya dapat berjalan dengan maksimal, pungkasnya. 

Hal yang sama juga ditambahkan oleh Pelda Dominggus Pereira Babinsa Mangunsari Koramil 0821/15 Tekung, pembuatan plengsengan sebagaian dari upaya untuk mensukseskan program pemerintah dibidang ketahanan pangan nasional, dengan membangun infrastruktur yang dibutuhkan oleh para petani sehingga dapat menunjang dan mewujudkan peningkatan produksi panen yang diharapkan.

Ia juga menegaskan, sebagai Babinsa yang mempunyai tugas pendampingan bagi para petani dalam program ketahanan pangan nasional akan berupaya membantu, mendukung dan mensupport petani untuk terus memacu peningkatan panen dengan berkomunikasi serta berkoordinasi dengan seluruh pihak-pihak terkait demi tercapainya target yang diharapkan, jelasnya. 

Muda-mudahan dengan pembuatan plengsengan irigasi dapat bermanfaat dengan maksimal dan semakin menambah kelancaran distribusi pengairan ke lahan-lahan persawahan sehingga jangkauannya akan semakin luas serta peningkatan hasil panen yang diharapkan akan terwujud guna mensukseskan swasembada pangan dalam negeri dalam program ketahanan pangan nasional, pungkas Pelda Dominggus.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.