TNI Koramil Jatiroto Lumajang Bersama Masyarakat Optimalkan Perawatan Monumen Bersejarah

Suasana saat karya bhakti berlangsung di seputar monumen

Lumajang (suarasatunews.com)
Personel Koramil 0821/12 Jatiroto Lumajang, bersama dengan masyarakat melaksanakan karya bakti pembersihan lingkungan Monumen Garuda Pancasila yang berada di Dusun Krajan II Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Rabu (10/10/2018).

Menurut Umar Faruk, Kepala Desa banyuputih Kidul, monumen Garuda Pancasila ini dibangun pada tahun 1965, sebagai pintu masuk dari Desa Banyuputih Lor yang berada di wilayah Kecamatan Randuagung, menuju wilayah Kecamatan Jatiroto yang melalui Desa Banyuputih Kidul.

“Monumen Garuda Pancasila tersebut dibangun oleh K.H. Nasrudin yang saat itu sebagai Kepala Desa Banyuputih Kidul juga sebagai Ketua Ranting BP Anshor Banyuputih Kidul. Monumen ini selain sebagai pintu masuk desa juga sebagai monumen peringatan perlawanan terhadap PKI,” tuturnya.

Kades mengakui, keberadaan Monumen Garuda Pancasila ini kurang terpelihara. Hal itu kata kades dikarenakan letaknya yang kurang strategis, sehingga banyak rumput dan tanaman liar yang menutupinya.

Ia berharap, kegiatan ini menjadikam masyarakat dapat lebih mengenal dan memahami serta menghargai jasa pahlawan daerah yang dulu berjuang mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ke depan, pemerintah desa akan membuatkan pagar dan menata kembali sekitar monumen, agar lebih terlihat dan lebih terjaga kelestariannya sehingga para pahlawan daerah dapat selalu dikenang sampai anak cucu kelak,” tandas kades.

Sementara itu Sertu Abdulrohman Wahid, Babinsa setempat juga menambahkan, bahwa keberadaan Monumen Garuda Pancasila ini perlu untuk selalu dirawat dan dilestarikan. Agar generasi muda yang akan datang dapat meneladani semangat perjuangan pahlawan daerah dalam mempertahankan NKRI.

“Dihimbau kepada masyarakat untukselalu berperan aktif dalam menjaga, merawat dan memelihara monumen ini sebagai tonggal perjuangan masyarakat Jatiroto khususnya Desa Banyuputih Kidul agar nilai-nilai sejarah dan perjuangan pahlawan daerah dapat selalu dikenang diteladani oleh masyarakat,” pungkasnya singkat.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.