Persiapan Jelang Musim Hujan, Warga Bersama Personel Koramil 0821/12 Jatiroto Gelar Karya Bakti Normalisasi Saluran Air

Saat kegiatan berlangsung

Lumajang (suarasatunews.com)
Guna menghadapi musim hujan yang dapat turun setiap saat, warga dusun Curahwedi desa Jatiroto kecamatan Jatiroto kabupaten Lumajang bahu membahu bergotong royong bersama dengan personel Koramil 0821/12 Jatiroto dalam upaya menormalisasi saluran air yang ada di wilayah setempat, Selasa (23/10/2018).

Selain dihadiri oleh personel Koramil 0821/12 Jatiroto bersama warga, kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Kepala Desa Jatiroto bersama dengan seluruh jajaran Stafnya.

Nujum, kepala desa setempat mengatakan, kegiatan karya bakti bersama yang dilakukan bersama personel Koramil 0821/12 Jatiroto dan warganya merupakan upaya untuk menormalisasi saluran air/parit yang ada di wilayah setempat.

“Saluran air yang ada saat ini telah mengalami penyumbatan. Hal ini disebabkan oleh tumbuhnya semak dan rumput liar serta tertutupnya dasar saluran oleh endapan lumpur yang masuk kedalam parit, sehingga mengalami pendangkalan," kata dia. 

"Hari ini kita upayakan saluran sepanjang 1000 akan kita normalkan kembali sesuai asalnya yaitu lebar 80 m dengan kedalaman 50 m," jelasnya.

Lebih lanjut ia juga menerangkan, program untuk menormalisasi saluran air ini bertujuan, apabila terjadi turun hujan sewaktu-waktu kondisi parit sudah siap untuk mengalirkan air dan bisa menampung debit air hujan agar tidak terjadi genangan dijalan maupun dilahan pertanian milik warga, mengingat waktu saat ini sudah menjelang musim hujan.

Mewakili seluruh warganya, ia juga menyampaikan ungkapan rasa terimakasih dan mengapresiasi atas kehadiran personel Koramil 0821/12 Jatiroto.

“Muda-mudahan dengan kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang selama ini sudah terjalin cukup baik senantiasa akan terus meningkat guna memantapkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang semakin bertambah kuat," harapnya.

Sementara Bati Tuud Koramil 0821/12 Peltu Sukirman, yang hadir mewakili Danramil pada kegiatan tersebut juga menambahkan, selain untuk menormalisasi saluran air agar bisa sesuai dengan fungsinya, karya bakti ini juga bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih ditengah-tengah masyarakat, sehingga menghadapi musim hujan mendatang diupayakan dalam keadaan bersih guna menghindari timbulnya berbagai macam penyakit. 

Ia juga menegaskan, Koramil 0821/12 Jatiroto akan berupaya untuk mendukung dan membantu setiap program yang dicanangkan oleh pemerintah desa di wilayah kecamatan Jatiroto melalui Babinsa yang ada dimasing-masing desa.

"Diharapkan mampu bersinergi dengan seluruh unsur dan elemen yang ada didesa sebagai wujud pembinaan teritorial yang berkesinambungan," terang Peltu Sukirman.

"Muda-mudahan sinergi dan harmonisasi bersama yang sudah terjalin cukup erat sampai dengan saat ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat serta mampu menciptakan stabilitas wilayah kecamatan Jatiroto menjadi lebih kondusif," pungkas Bati Tuud Koramil Jatiroto.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.