Perlancar Aliran Air, TNI Koramil 0821/15 Tekung Lumajang Andil Dalam Pembersihan Sungai Bondoyudo Kecil

Suasana saat karya bakti berlangsung

Lumajang (suarasatunews.com)
Personel Koramil 0821/15 Tekung bersama dengan petugas Dinas PU Pengairan dan kelompok Hippa Kecamatan setempat, melaksanakan pembersihan Sungai Bondoyudo Kecil di Dusun Wunutbasin RT 02 RW 04 Desa Wonokerto Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Selasa (23/10/2018).

Menurut Sunondo, petugas Dinas PU Pengairan bahwa Sungai Bondoyudo Kecil ini merupakan saluran irigasi yang mempunyai peranan penting bagi kegiatan pertanian di wilayah Kecamatan Tekung khususnya di Desa Wonokerto.

“Saat ini kondisi badan Sungai Bondoyudo Kecil mulai menyempit akibat timbunan tanah dan banyak ditumbuhi tanaman liar sehingga aliran airnya kurang maksimal,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Sunondo, target utama pelaksanaan kegiatan ini adalah membersihkan tanaman liar yang tumbuh di kanan kiri badan sungai, serta melakukan pengerukan kembali untuk mengurangi timbunan tanah.

“Dengan pembersihan ini diharapkan dapat memperlancar dan menambah debit air sehingga dapat mendukung kebutuhan air bagi lahan pertanian yang bergantung pada saluran irigasi ini,” tutur Sunondo.

Sementara itu Danramil 0821/15 Tekung Kapten Arm Abdul Azis di sela pelaksanaan kegiatan mengatakan bahwa sebagai anggota TNI yang bertugas di wilayah teritorial di samping tugas melaksanakan pembinaan wilayah juga sebagai pendamping dalam kegiatan pertanian.

“Dengan berkoordinasi dan bekerja sama dengan BPP Kecamatan dan instansi terkait, kita berupaya semaksimal mungkin membantu petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya salah satunya dengan menjamin ketersediaan air sebagai faktor utama pendukung pertanian,” tambahnya.

“Sebagai pendamping bidang pertanian, kami siap mendukung dan membantu pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian demi suksesnya program ketahanan pangan nasional,” tegas Danramil.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.